Indahnya Berbagi Ilmu

Just corat-coret – ninggalin jejak!

Islam

Antara kata Ramadhan dan Ramadan

Antara kata Ramadhan dan RamadanAlhamdulillah sudah 11 hari saya, teman-teman blogger yang muslim serta umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Pada kesempatan kali ini, saya hanya menyampaikan apa yang saya baca di voa-islam.com semoga bisa menjadi bahan koreksi bagi kita semua.

Penggunaan kata Ramadhan dan Ramadan hampir terdengar mirip ditelinga kita orang Indonesia, apalagi saya dan mungkin temen-temen lainnya sering melihat penulisan dari kedua kata tersebut.

Kata mana yang benar?

Setelah membaca artikel Meluruskan Salah Kaprah Kata ”Ramadhan” dan ”Ramadan” ternyata kata yang benar adalah Ramadhan bukan ramadan. Ramadhan berarti “Ramadhan” berarti panas yang menyengat atau kekeringan, khususnya pada tanah. Sedangkan kata “Ramadan” (tanpa huruf h) dalam bahasa Arab artinya orang yang sakit mata mau buta.

Semoga setelah membaca artikel ini kita terhindar dari kesalahan penyebutan bulan Ramadhan.

Sumber : http://www.voa-islam.com/news/citizens-jurnalism/2010/08/20/9365/meluruskan-salah-kaprah-kata-”ramadhan’dan-”ramadan/

5 Comments

  1. Wah, ternyata semua butuh ilmu. Sama halnya kata “silaturahmi” dan “silaturahim” ya…hehehe.
    Salam kenal dari saya… :grimace:

  2. kalo cek di kbbi sih, ramadhan emang gak ada. yang ada tanpa “h”. ini barangkali jawabannya http://www.serambinews.com/news/view/37518/ramadan-bukan-ramadhan

    • @Blog Hardim, kalo mas baca diartikel yang saya referensikan, menurut mereka yang bikin kbbi yang salah. hehehe

  3. Singkat namun padat dan lumayan penting, itu lah jenis post yang saya suka.

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Theme by Anders Norén