Resiko kebakaran merupakan resiko yang dapat terjadi kepada siapa saja tanpa terduga. Resiko yang pada umumnya timbul akibat kelalaian yang seringkali kita lakukan ini, merupakan resiko yang tidak hanya dapat menimbulkan kerugian bagi diri kita sendiri, namun juga orang lain yang tinggal disekitar lingkungan rumah kita. Tidak hanya kerugian secara materiil, berbagai kerugian non materiil pun selalu menyertai resiko terjadinya kebakaran. Oleh karena itu bagi Anda yang memang ingin meminimalisir akibat dari terjadinya kebakaran ini, sangat di anjurkan bagi Anda untuk menyediakan berbagai ataupun perlengkapan untuk mencegah terjadinya kebakaran. Peralatan yang biasa di sebut dengan APAR ini, kini dapat dengan mudah Anda temukan diberbagai toko perkakas rumah tangga yang ada disekitar lingkungan Anda.

Tidak hanya melalui toko perkakas rumah tangga konvensional yang ada, kini alat pemadam kebakaran juga banyak ditawarkan secara online, oleh beberapa toko online, yang khusus menyajikan berbagai perlengkapan safety rumah tangga ataupun safety pekerjaan. Bahkan situs belanja online terpercaya di Indonesia pun juga turut menyediakan peralatan keamanan yang satu ini, sebagai salah satu display yang disajikan didalam situs online yang mereka kelola. Banyaknya penawaran alat pemadam kebakaran inilah, yang pada akhirnya akan membuat Anda bingung dalam melakukan pembelian peralatan tersebut.

APAR

Bagi Anda yang memang ingin dan membutuhkan APAR sebagai peralatan keamanan dalam rumah Anda, untuk meminimalisir akibat dari resiko kebakaran yang mungkin saja Anda alami.

Berikut ini beberapa panduan yang dapat Anda gunakan untuk dapat memilih dan melakukan pembelian alat pemadam api, yang antara lain adalah:

  • Perhatikan garansi yang diberikan untuk alat pemadam kebakaran yang akan Anda beli dan Anda pilih, pastikan bahwa garansi dari pabrikan ataupun toko terdapat dalam alat pemadam kebakaran yang akan Anda beli.
  • Alat pemadam kebakaran biasanya akan disajikan dalam bentuk tabung yang terbuat dari berbagai bahan logam, pastikan bahwa Anda memilih tabung yang tanpa bagian sambungan atau seamless, karena tabung tanpa sambungan akan mampu mencegah kebocoran pada cairan pemadam yang terdapat didalamnya.
  • Sangat dianjurkan bagi Anda untuk memilih jenis alat pemadam kebakaran dengan model system stored pressure, dimana jenis alat pemadam kebakaran ini memiliki sistem yang mudah untuk dipantau dan digunakan, karena antara cairan pemadam dan gas pendorong tercampur menjadi satu.

Dalam melakukan pembelian alat pemadam kebakaran ini, juga sangat disarankan bagi Anda untuk memilih toko penyaji alat pemadam kebakaran ini yang memang memiliki ijin resmi dari Dinas Pemadam Kebakaran, sebagai distributor resmi dari alat pemadam kebakaran. Jika Anda memilih melakukan pembelian secara online, maka pilihlah situs belanja online terpercaya ataupun toko online terpercaya, yang memang memiliki kredibilitas yang tinggi.

Dalam hal peletakan alat pemadam kebakaran ini, Anda haruslah meletakkannya ditempat yang strategis didalam rumah Anda, dimana tempat ini tidak terhalang oleh benda apapun dan dapat dilihat dari sudut manapun. Letakkan alat pemadam tersebut ditempat yang tidak terlalu tinggi dan mudah dijangkau, sehingga akan memudahkan siapapun yang membutuhkan alat pemadam tersebut, ketika terjadi resiko kebakaran dirumah Anda.

Menyediakan APAR didalam rumah Anda, berarti Anda telah meminimalisir resiko akibat terjadinya kebakaran didalam rumah Anda. Namun demikian meskipun dapat diminimalisir, akan lebih baik jika Anda mencegah agar tidak terjadi kebakaran didalam rumah Anda. Pastikan bahwa Anda selalu mengontrol penggunaan api ataupun alat elektronik yang dapat menimbulkan terjadinya resiko kebakaran didalam rumah Anda.