Indahnya Berbagi Ilmu

Just corat-coret – ninggalin jejak!

Belajar Menulis, Blogging

[Belajar Menulis] Bila Ide Menulis Lagi Ga ada

[Belajar Menulis] Bila Ide Menulis Lagi Ga adaTernyata ga ada ide bisa jadi judul posting ya! hehehe… Sebenarnya banyak ide dikepala ini dan harus dikeluarkan sekarang juga, nah yang terelasi malahan judul [Belajar Menulis] Bila Ide Menulis Lagi Ga ada. Aneh kan? Saya juga berpikir begitu. Tiga hari diawal bulan ini terlewatkan begitu saja tanpa ada tulisan diblog ini.

Gara-gara apa? Ga ada ide?

Bukan itu masalahnya, yang menjadi soal dikepala ini banyak sekali judul posting yang hinggap sehingga saat posting ini dibuat pun, ide-ide itu masih berkeliaran.

Jadi apa dunk bro?

Karena terlalu banyak jadinya saya bingung mo milih yang mana dan itu membuat hari-hari berlalu begitu saja walaupun sebenarnya tangan ini sudah gatal mo nulis.

Terus kepikiran judul blog ini gara-gara apa?

Nah itu dia bro inti dari tulisan saya hari ini, intinya dalam belajar menulis tulislah langsung apa yang menjadi inspirasi. Jangan biarkan faktor lain menghambat inspirasi yang ada didalam pikiran. Ntar jadi kehilangan ide deh buat tulisan. Tadinya saya juga begitu, gara-gara mikirin korelasi antara posting belajar menulis dan ilmu-ilmu lain yang sudah saya dapatkan untuk dishare. Akhirnya setelah empat hari baru bisa nulis, padahal saya lagi mencanangkan untuk konsisten dalam belajar menulis.

Untungnya blog ini adalah blog pribadi saya yang judulnya tidak spesifik : Indahnya Berbagi Ilmu. Jadi ilmu apapun yang dibagikan diblogi ini ga ada masalah. Jadi Alhamdulillah saya terbantu untuk tidak memikirkan korelasi antara tema blog dan isi artikelnya.

Wah ga adil dunk bro, blog saya tentang download MP3 ama cerita hot orang dewasa?

wkwkwk ganti haluan ajah deh bro. Kalo hobi anda disana saya cuma bisa menyarankan gantilah hobi yang lain, tapi kalo mo nyari duit dari niche/ceruk/kategori diatas pikirin dulu duitnya halal ato ga? Duit yang berkah bisa mendatangkan pahala dan rezeki yang lebih sedangkan yang ga berkah berarti kebalikannya dunk.

Btw yang diatas cuma refresing ajah, pertanyaan yang sebenarnya bagaimana kalo niche blognya spesifik? Sebenarnya semua masalah itu mudah diselesaikan asalkan tau kuncinya. Kunjungilah blog temen-temen yang juga mengulas tema seperti blog anda, kunjungilah forum-forum yang temanya sesuai blog anda, bisa juga keluar dari rumah. Jalan-jalan ke toko buku, cari majalah terbaru atau buku yang juga ada hubungannya dengan niche anda. Kalo ga ada duit, bersilaturahmi ke rumah teman atau tetangga, ngobrol sebentar, siapa tahu dari obrolan anda ketemu ide-ide brilian.

Kuncinya adalah niat dan motivasi yang kuat untuk belajar menulis.

Semoga bermanfaat untuk brother semua

12 Comments

  1. aku nih tipe yg sulit banget buat nulis.. :scorn:

  2. wah… masih mending br0… drpada w… kadang seminggui sekali baru update blog…. bahkan sampe sebulan ga updet-updet….

    salam kenal bro….. :big_smile: :big_smile: :big_smile:

    • @Bgenk, dulunya saya juga gitu mas. Malas update blog, tapi melihat potensi blog yang begitu besar, jadi rajin update lagi neh

  3. Sebenarnya, segala sesuatu di sekitar kita bisa dijadikan ide untuk nulis. Tinggal kitanya aja yang sensitif atau peka apa nggak dengan sekitar kita. :what:

  4. Ide memang kalo di paksa ga mau muncul dia, tp kadang2 terjadi juga banyak ide muncul dalam seketika. Jadi kalo saya begitu muncul ide segera saya tulis. keburu kabur idenya. Saya juga sangat setuju dengan anda dengan banyak membaca pasti banyak dpt wangsit.. :big_smile:

    • @Agung Budidoyo, iya kadang ada ide yang selama ini ga kepikir ketika membaca buku atau ebook maupun posting blog temen-temen blogger

  5. Kalo nulis dalam konten bahasa Indonesia sih gampang aja, tapi kan pasar online kebanyakan dari luar…. :nothing_to_say:

    • @Reza Winandar, mulai dulu dari yang mudah bro. Kalo dah patah arang duluan kapan mo majunya. Bahasa inggris kan bisa dipelajari sambil bikin blog yang bahasa inggris. Ga harus kelar kelas advance baru bisa nulis posting bahasa inggris. Wong kalo bahasa inggrisnya acak adul orang juga udah maklum, karena kita bukan native english speaker

  6. sulit emang ngeluarin isi otak ke dalam tulisan.. sama-sama belajar menulis ya sob! mohon bimbingannya.. :big_smile:

  7. mjn

    nice share gan , salam knal sebelumnya. kalo untuk bisnis online/adsense, suatu blog harus spesifik kah gan ?? thanks

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Theme by Anders Norén