Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia. Ada beberapa jenis kopi yang dihasilkan di Indonesia yaitu Robusta, Arabica dan luwak. Jenis kopi terakhir merupakan jenis kopi termahal di dunia karena rasanya yang nikmat dan cara pengolahannya yang unik. Kopi luwak merupakan kopi asli Indonesia dengan cara pengolahan yang langsung menggunakan binatang hidup sebagai pemetik kopinya. Hewan tersebut adalah luwak yang memang menyukai biji kopi untuk dimakan. Namun luwak bisa memilih jenis kopi yang baik untuk dikonsumsi dan mana yang tidak. Ia akan memakan hanya biji kopi terbaik saja dan meninggalkan yang lainnya. Biji kopi yang dimakan luwak inilah yang digunakan untuk menghasilkan kopi luwak. Karena tak semua biji kopi yang ditanam dipilih sebagai bahan kopi, membuat harga kopi luwak menjadi lebih mahal dibandingkan kopi lainnya.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya bagaimana kopi yang telah dimakan oleh luwak bisa digunakan untuk membuat jenis kopi luwak ini. Luwak memang memakan biji kopi terbaik tersebut, namun system pencernaannya tak mampu mencerna biji kopi dengan sempurna sehingga turut keluar bersamaan dengan sisa metabolismenya. Petani kopi akan mengambil biji kopi tersebut kemudian membersihkannya dan mensterilisasikannya sehingga bisa digunakan dengan aman dan sehat untuk bahan minuman kopi manusia. Jenis kopi inilah yang terbukti memiliki rasa paling baik di antara seluruh jenis kopi di dunia. Karenanya harganya pun paling mahal diantara farietas kopi manapun.

Jika Anda penasaran dengan rasa kopi luwak, Anda bisa membelinya secara online di situs belanja online terpercaya. Ada 2 jenis kopi luwak yang dipasarkan yaitu jenis bubuk dan biji yang sudah di sangrai. Penasaran dengan harga kopi luwak di pasaran Indonesia? Harga kopi dari tubuh luwak ini untuk jenis bubuknya adalah sekitar Rp. 150.000 per 100 gram. Sedangkan untuk pembelian dalam bentuk biji kopi dijual seharga Rp. 900.000 per kg. Harganya bisa bervariasi tergantung dari jenis kopi misalnya kopi luwak gayo, kopi luwak bali, dan daerah lain yang memiliki pertanian kopi di Indonesia. Meski terbilang mahal, namun kopi jenis ini memang yang paling diburu oleh penikmat kopi dunia. Selain karena rasanya yang manis dan enak, kopi luwak memiliki efek penambah stamina yang kuat.

Jika Anda mencari kopi luwak asli di pasaran tradisional, mungkin Anda akan kesulitan karena umumnya dalam bentuk bubuk, penampakannya tak berbeda dengan jenis kopi lainnya. Aroma dan kehalusannya juga sama sehingga banyak kemungkinan jika Anda tak membeli dari petani terpercaya atau toko kopi terpercaya Anda akan memilih jenis kopi yang salah. Untuk itu karena harganya yang mahal, sebaiknya Anda membeli dalam bentuk kemasan 100 gram atau lainnya yang telah dikemas secara pabrikan dari merk kopi ternama.

Harga kopi luwak diatas juga bisa berbeda tergantung merk dari kopi tersebut. Meski begitu harganya tetaplah terbilang paling mahal. Bahkan kopi ini bisa menjadi oleh-oleh yang mewah bagi teman atau kerabat yang berasal dari negara lain karena mahalnya harga kopi ini dipasaran internasional. Meski enak dan nikmat, namun Anda juga perlu memperhatikan Batasan konsumsi kopi setiap harinya yang tidak boleh melebihi 2 cangkir perhari. Konsumsi kopi terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan irama jantung hingga tekanan darah tinggi bagi mereka yang tidak kuat terhadap kafein. Imbangi konsumsi kopi dengan air putih agar metabolism tubuh tetap lancer dan sehat.