Indahnya Berbagi Ilmu

Just corat-coret – ninggalin jejak!

Kesehatan

Kenali Tanda Awal Kehamilan Sejak Awal

Tanda Kehamilan

Bagi anda para wanita yang baru saja menikah, tentu saja kehamilan atau hamil merupakan salah satuhal yang sangat ditunggu-tunggu dan seringkali membuat Anda berdebar-debar setiap bulannya. Andaselalu menghitung siklus menstruasi, apakah sudah terjadi keterlambatan dalam menstruasi atau masihseperti biasa.

Kehamilan merupakan salah satu hal yang membahagiakan, di mana adanya sang buah hati yangtumbuh di rahim anda, karena dibuahi oleh sperma dan juga setelah melakukan konsepsi. Namunseringkali ibu muda atau wanita yang baru saja menikah sulit untuk memahami gejala awal kehamilanatau tanda awal kehamilan. Anda yang jangan khawatir karena berikut ini adalah tanda awal kehamilan yang mudah sekali dikenali oleh anda yang baru saja menikah.

1. Siklus Haid

Tanda pertama yang harus anda kenali tentu saja adanya siklus haid yang terhenti. Di mana kebanyakanwanita mencurigai dirinya sudah hamil atau memiliki buah hati ketika haid tidak kunjung datang.Terutama sudah melewati waktunya yakni 1 bulan atau 30 hari. Namun ada jangan terkecoh, sebab sering kali banyak penyebab atau faktor yang menjadikan siklus haid anda terhenti. Seperti halnyaperubahan berat badan yang signifikan, mengkonsumsi pil kontrasepsi, ataupun mengalami stress.Selain itu anda bisa konsultasi dokter kandungan terkait siklus haid anda yang terhenti. Bisa jadi jikaanda tidak mengalami masalah di atas, siklus haid berhenti menjadi tanda awal kehamilan anda.

2. Kram Perut

Ciri selanjutnya atau tanda awal kehamilan selanjutnya yang bisa anda ketahui adalah adanya kram danjuga pendarahan. Wanita yang baru saja hamil terkadang sering mengalami kram dibagian bawah perut.Seperti halnya kram ketika anda menjelang haid. Namun seringkali wanita tidak menyadari bahwa mereka mulai hamil, karena kondisi tersebut sama dengan Anda saat menjelang haid. Selain itu, andamungkin akan mengalami pendarahan implantasi seperti hanya bercak-bercak. Di mana kondisi inidisebabkan oleh proses menempelnya sel telur yang sudah dibuahi oleh dinding rahim.

3. Sering Buang Air Kecil

Tanda awal kehamilan selanjutnya harus anda kenali adalah sering buang air kecil . Di mana lebih seringke kamar mandi dan perut Anda terasa tidak nyaman. Di sisi lain bila iya ada kemungkinan hal inimerupakan tanda awal kehamilan, di mana saat mulai hamil maka tubuh akan memompa darah denganjumlah yang lebih banyak. Sehingga ginjal akan memproses cairan atau urea lebih banyak. Alasan inilahyang menyebabkan anda sering buang air kecil yang berlangsung mulai dari minggu ke 3 hingga mingguke 10 kehamilan.

4. Perubahan Payudara

Tanda awal kehamilan selanjutnya adalah adanya perubahan payudara. Seperti halnya ketika andamerasakan sakit menjelang haid, perubahan payudara terjadi akibat adanya perubahan hormon dalamtubuh seorang ibu yang sedang hamil. Selain itu Payudara wanita yang hamil kemungkinan akanmengalami pembesaran, terasa lebih penuh, nyeri, dan menghitam di daerah sekitar puting (areola). Halini wajar karena payudara sedang mempersiapkan diri untuk mengisi nutrisi untuk si kecil setelahdilahirkan nanti. Karena bayi hanya mengkonsumsi ASI yang diberikan sang ibu.

5. Reaksi Terhadap Makanan

Hal selanjutnya yang mudah dikenali saat seseorang masuk kedalam masa kehamilan adalah reaksi andapada sebuah makanan. Untuk sebagian orang yang sedang hamil atau baru saja hamil,bisa jadi andaakan sangat menyukai makanan tertentu atau bahkan sangat tidak menyukainya. Kondisi ini biasadikenal sebagai mengidam. Bahkan kedua reaksi ini bisa menular ke sang suami, dimana ia jugamenginginkan makanan tertentu atau menghndari makanan tertentu.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén