Indahnya Berbagi Ilmu

Just corat-coret – ninggalin jejak!

List Building

List Building Tapi Modal Cekak? Pake Autoresponder Gratis Ini!

Autoresponder Gratis

Bagi yang baru memulai bisnis online, baik itu UKM atau perorangan dan membutuhkan sarana list building untuk berhubungan dengan calon konsumen dan menjual barang/jasanya.

Memiliki subscriber berarti mempunyai database orang-orang yang tertarik akan jasa/produk yang anda tawarkan

List building adalah salah satu cara marketing tertua bahkan sebelum internet itu ada, ketika SEO, Social Media, membutuhkan biaya yang lumayan besar. List building hanya membutuhkan ketelatenan dalam membuat konten yang berkualitas dan seni dalam berhubungan dengan calon pelanggan bahkan pelanggan itu sendiri.

Modal yang minim menjadi salah satu kendala bagi pebisnis online yang baru terjun atau UKM yang baru melebarkan sayapnya ke ranah maya. Karena list building suatu keharusan maka salah satu alternatifnya adalah mencari jasa autoresponder yang murah atau gratis. Dan diharapkan ketika bisnisnya sudah berjalan dan memiliki cashflow yang positif, bisa beralih ke autoresponder berbayar.

Memiliki kontak dari subscriber harus dimulai dari awal ketika membangun bisnis onlinte itu sendiri, sehingga ketika nanti bisnisnya sudah mulai berkembang anda tidak kesulitan.

Penyesalan saya selama ini adalah tidak memulai list building dari awal semenjak mengenal bisnis online dan internet marketing.

Bertahun-tahun waktu yang dilalui tapi list email yang saya miliki hanya list dari feedburner.

Keuntungan menggunakan Autoresponder gratis

[checklist icon=”fa-arrow-right” iconcolor=”#eeee22″ circle=”” circlecolor=”” size=”small” class=”” id=””][li_item icon=””]Gratis tentunya – salah satu nilai plus yang diinginkan oleh setiap orang. Dengan memiliki autoresponder gratis, anda bisa belajar cara mengumpulkan list calon kustomer yang benar. Mengetahui tool-tool apa saja untuk membuat list building.[/li_item][li_item icon=””]Menuju ke arah yang benar – Dengan memiliki list kustomer semenjak awal membangun bisnis online, anda sudah berada di jalan yang benar. Karena setiap bisnis membutuhkan kustomer dan kustomer yang loyal salah satunya berasal dari list anda sendiri.[/li_item][/checklist]

Kerugian Autoresponder Gratis

[checklist icon=”fa-arrow-right” iconcolor=”#eeee22″ circle=”” circlecolor=”” size=”small” class=”” id=””][li_item icon=””]Subscriber yang terbatas[/li_item]

[li_item icon=””]Broadcast message yang juga terbatas[/li_item]

[li_item icon=””]Susah untuk pindah ke autoresponder berbayar : ketika ingin mengupgrade atau memindahkan list subscriber anda ke penyedia autoresponder berbayar anda beresiko kehilangan sebagian besar subscriber dikarenakan mereka harus opt-in ulang.[/li_item]

[li_item icon=””]Tidak semua autoresponder berbayar mengizinkan untuk mengimpor email list yang anda miliki, sehingga kerugiannya lumayan besar jika suatu saat penyedia autoresponder gratis menutup layanannnya.[/li_item][/checklist]

6 Autoresponder Gratis untuk List Building

Saya telah mengumpulkan 6 web yang menyediakan autoresponder gratis dengan berbagai pilihan dan fitur yang lumayan menarik. Suatu saat list web penyedia autoresponder gratis ini akan diupdate apabila ada pengurangan atau penambahan web baru.

1. Listwire

Listwire

Fitur dari Listwire lumayan lengkap, seperti :

  • Memiliki script yang mudah digunakan : tinggal copy-paste
  • Double-optin : 100% prosesnya diatur secara otomatis
  • Follow up otomatis : Jika anda ingin mengirimkan email berseri, baik secara berkala selama 7 hari bahkan 1 tahun sekalipun atau berdasarkan waktu yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Broadcast message : mengirim email secara serentak ke satu list kategori atau ke beberapa kategori sekaligus.
  • Listwire menjamin email yang anda kirimkan akan langsung masuk ke inbox, bukan ke spam karena sudah di whitelisted oleh ISP.
  • Untuk info selengkapnya silakan kunjungi link ini : http://www.listwire.com/features.php

2. Mailchimp

Mailchimp

Salah satu penyedia jasa autoresponder gratis yang sudah lama dikenal, dengan fitur yang lengkap tapi memiliki keterbatasan untuk free user.

Maksimal subscriber 2000 orang dan 12.000 email sebulan, jadi ketika subscriber sudah mencapai angka 2000 orang anda hanya bisa mengirim 6 email sebulan.

Beberapa fitur andalan mailchimp :

Melihat profil dari subscriber : dengan fitur ini anda bisa men-tracking apa saja yang dilakukan subscriber anda, seperti : membuka email tersebut, membeli produk yang ditawarkan, dll

Fitur analytics : laporan yang lengkap disertai google analytics untuk memantau jumlah email yang dibuka, pembelian, komplain dan berapa banyak subscriber yang unsubscribe dari list anda.

Fitur mailchimp selengkapnya : http://mailchimp.com/features/

3. Sendfree

Sendfree

Web lain yang menyediakan autoresponder gratis adalah sendfree, dengan jumlah subscriber yang hanya maksimal 250 orang. Layanan ini hanya cocok untuk digunakan untuk belajar list building.

4. Simplycast

Simplycast

Gratis 2000 kontak, dilengkapi dengan template HTML, dan integrasi sosial media.

5. Ininbox

Ininbox

Juga menyediakan fasilitas email marketing dan autoresponder gratis dengan jumlah subscriber maksimal 2000 orang dan 20rb email/bulan. Dilengkapi dengan fitur single dan double opt-in,

6. Time2respond

Dengan kontak maksimal 250 subscriber dan 25 email per autoresponder. Layanan ini juga bisa dijadikan salah satu sarana belajar email marketing/list building

Layanan mana yang akan dipilih?

Ketika harus memilih dari sekian banyak layanan gratis diatas, tentu harus dengan pertimbangan yang masak. Walaupun service ini gratis, tapi hal yang dipertaruhkan adalah bisnis anda.

Gunakanlah layanan autoresponder yang banyak dikenal dan memiliki track record yang bagus, bisa menampung banyak kontak dan mengirim email yang banyak.

Dengan kriteria yang disebutkan, mailchimp, simplycast dan ininbox bisa dijadikan pilihan karena memberikan fasilitas maksimal 2000 kontak.

Kriteria lain yang patut diperhatikan adalah integrasi dengan berbagai layanan seperti wordpress, blogspot dan layanan lainnya. Sehingga anda dapat dengan mudah mengatur tata letak dan setting dari autoresponder itu sendiri.

Semoga bermanfaat

Putra Eka

@_putraeka_

1 Comment

  1. teris

    jujur aja… belum dibaca tapi langsung ke koment, abis panjang bener heheeee

    ceritain aja deh..

    btw, kenapa jadi jarang posting ke depannya bro ? yahhh…. padahal suka baca ke sini soalnya banyak informasi2 hiks hiks hiks.. sedih deh

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Theme by Anders Norén