Indahnya Berbagi Ilmu

Just corat-coret – ninggalin jejak!

Tips dan Trik

Membedakan Testimonial Palsu Untuk Belanja Online di Forum

penipuan online

Sering belanja online? Dimana biasanya belanja? Di facebook, Toko Online, lewat BBM atau di forum? Hampir semua tempat berkumpul bisa dijadikan tempat belanja atau jualan. Terutama di forum, facebook dan BBM. Kali ini saya memberikan tips yang saya sadur dari forum kaskus tentang bagaimana cara membedakan testimonial yang palsu ketika ingin memesan barang secara online di forum.

Belanja online sekarang sudah menjadi life style dimasyarakat Indonesia, kepercayaan pengguna internet untuk berbelanja online semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini juga dimanfaatkan oleh orang yang kurang imannya dan ingin mendapatkan uang secara tidak halal dengan cara menipu. Di forum-forum sering saya temui keluhan dari pembeli yang barangnya tidak terkirim dikarenakan si penjual membawa lari uangnya. Bahkan tidak jarang ada yang sampai berhubungan dengan pihak yang berwajib.

Forum sebagai salah satu tempat berkumpul para pengguna internet, bisa dimanfaatkan untuk tempat mencari rezeki dan mencari barang/jasa yang diperlukan. Hampir setiap thread jualan ditemui testimonial dari para pembeli yang puas dengan barang/jasa yang ditawarkan. Testimonial inipun juga dijadikan acuan bagi calon pembeli untuk mementukan apakah penjual tersebut benar-benar terpercaya.

Kadangkala ada penjual yang baru memulai thread jualannya di suatu forum memanipulasi testimonial yang mereka dapatkan, baik dengan membuat testimonial sendiri atau meminta dari temannya yang belum tentu pernah membeli barang/jasa yang ditawarkan. Tujuan utamanya adalah untuk menarik kepercayaan pembeli atau melakukan penipuan.

Tips dibawah ini saya ambil dari : http://www.kaskus.co.id/thread/50f3af181fd7195334000006 untuk mengenali apakah testimonial itu palsu atau tidak.

Disclaimer : Tutorial ini bertujuan untuk mengenali testimonial palsu, saya tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan info ini.

Modus membuat testimonial palsu

1. Mencari target orang (misal target saya si Oracle78)

2. Cari Posting-an Orang tersebut bebas dimana aja terus klik QUOTE.

Modus membuat testimonial Palsu 01

3. Copy Paste kode tersebut ke thread FJB anda, terus ganti sesuai testi yang diharapkan.. lihat gambar :

Modus membuat testimonial palsu 02

4. taaa daaaa…. sudah ada 1 testi palsu di Thread Anda.

Ini hasilnya

contoh testimonial palsu

Tips untuk calon pembeli agar tidak tertipu dengan modus ini

membedakan testimonial asli atau palsu

Jika link yang anda klik invalid atau pesan testimonial tidak sesuai dengan yang link yang anda. Kemungkinan besar itu adalah quote palsu/testimonial palsu.

Semoga bermanfaat dan berhati-hati sebelum berbelanja online.

17 Comments

  1. bebasdownload

    makasih om tipsnya..

  2. Label undangan di excel

    memang mungkin begitu cara orang cari duit. baik offline maupun online jika memang punya akal bulus tentu banyak akal pula untuk mengakali orang. Tutorial ini cukup berarti bagi saya, semoga saya bisa terhindar dari si akal bulus tersebut.

    Maaf no SEO thing in my blog. Kalo komen besok pake nama ajah mas. Urlnya ga masalah url apapun, asal jangan url porno ajah.

  3. alhamdulillahnya saya selalu melakukan hal ini ketika hunting di FJB. nice mas :)

  4. Ooo…gitu ya, ternyata ada juga testimoni hasil rekayasa.
    Harus lebih hati hati nich. Thanks informasinya :)

  5. Walah, baru tau trik bikin testimoni seperti ini. Mesti lebih hati-hati nih sama seller baru, mendingan beli dari seller yg udah punya reputasi baik

  6. terimakasih atas tips nya gan

  7. Untung ketemu nie pembahasan, bagus buat yang belum tau termasuk saya sendiri.

    Btw, link kaskus-nya koq invalid ya, padahal mo baca lebih detil lagi.

    Salam.

  8. pulau pari

    beberapa testimonial palsu mulai dibuat untuk meyakinkan calon pembeli, tapi sedikit sulit bila membedakan asli atau palsu

  9. Kalau testi yang palsu itu biasanya scam yah?

  10. blue wizard

    tapi kebanyakan testi palsu pasti hasil editan fotoshop trimakasih informasi postnya sukses selalu ya

  11. tapi testi palsunya didapat dari mana ya?

  12. Pembicara Internet Marketing

    Dengan hadirnya tokopedia, bukalapak dan marketplace sejenis saat ini sudah bisa mengurangi resiko para pembeli tertipu dengan barang yang akan di belinya. Meskipun proses jual beli disana tidak secepat menggunakan forum seperti kaskus

  13. emng terkadang suka tipu,, biar produk bis laku

  14. biasa ane belanja di lazada aja sih gan. terbukti. testinya juga sudah banyak

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Theme by Anders Norén