Indahnya Berbagi Ilmu

Just corat-coret – ninggalin jejak!

News

Mengapa Selalu Ada Diskon Lebaran?

Diskon Lebaran

Hampir semua toko memberikan diskon lebaran. Seolah-olah lebaran adalah momen di mana semua toko ingin menghabiskan stock. Di sisi lain, masyarakat tidak mau lagi menahan uangnya berada di bank. Mereka harus menarik uang tersebut dan segera membelanjakannya.

Namun, mengapa harus lebaran?

Sebenarnya, ada banyak lagi momen lainnya seperti momen liburan sekolah, momen natal, momen tahun baru, dan lain sebagainya. Namun, lebaran selalu menjadi momen yang istimawa. Tidak hanya toko offline. Toko online pun tidak tanggung-tanggung. Ada yang memberikan diskon lebaran hingga 90%.
Mengapa ini mereka lakukan? Setidaknya berikut ini alasannya.

THR

Hampir semua karyawan mendapatkan THR atau tunjangan hari raya ketika lebaran tiba. Entah mereka beragama islam atau non-muslim. Semua perusahaan memberikan THR kepada seluruh karyawan mereka tanpa terkecuali. Bahkan, pemerintah saja mengatur masalah liburan lebaran ini dan memastikan semua karyawan mendapatkan THR.

Jadi, sangat masuk akal jika toko ingin sekali memanfaatkan momen lebaran ini. Mereka ingin mendapatkan untung yang besar dengan cara memberikan diskon saat lebaran. Dengan pemberian diskon, semakin banyak orang yang membelanjakan uangnya. Memang untung dari setiap item yang terjual tidak banyak. Akan tetapi, untung tersebut dikalikan dengan item yang jumlahnya sangat banyak.

Momen Memberi

Lebaran menjadi momen untuk memberi dari orang yang kaya ke orang yang miskin. Contohnya saja zakat fitrah. Bahkan, ada juga yang mengumpulkan pendapatan mereka selama satu tahun dan baru mengeluarkan zakat mereka saat lebaran tiba.

Tidak hanya zakat yang sifatnya pemberian wajib. Banyak orang juga menjadikan lebaran menjadi momen untuk berbagi kepada sanak saudara. Anak yang merantau membelikan baju kepada orang tuanya. Orang tua membelikan sesuatu kepada anaknya. Seorang kakak memberikan hadiah kepada adiknya.

Bahkan, ada juga yang menanti lebaran karena pada saat itulah momen di mana mereka bisa memberi. Beda dengan bulan-bulan lainnya. Mereka tidak menjadikan bulan tersebut sebagai bulan untuk memberikan sesuatu kepada orang lain.

Mencairkan Tabungan

Banyak sekali yang mengadakan tabungan bersama. Contohnya saja di tingkat RT. Ibu-ibu sengaja menabung setiap bulannya hanya untuk diambil di waktu lebaran. Mereka tahu pada waktu lebaran tiba, banyak sekali kebutuhan, mulai dari kebutuhan untuk membeli makanan untuk lebaran, baju baru, atau kado untuk sanak saudara.

Dan bukan tidak mungkin tabungan tersebut digunakan untuk berbelanja sesuatu seperti baju, sepatu, sandal, sarung, baju muslim, dan lain sebagainya. Momen ini tidak ingin dilewatkan oleh para pemilik toko. Mereka siap untuk memberikan diskon besar-besaran di bulan lebaran.

Meskipun demikian, ada juga barang yang tidak didiskon lho. Dan justru harga tersebut cenderung lebih mahal dibandingkan ketika dijual di momen biasa. Contohnya saja kendaraan bermotor. Pada saat Ramadhan dan juga menjelang lebaran, entah mengapa harga kendaraan bermotor cenderung naik. Begitu juga harga gadget.

Jadi, Anda sebagai konsumen harus tahu barang apa yang dijual murah saat lebaran. Dengan demikian, Anda tidak justru salah membeli barang di waktu yang salah. Saat lebaran, saatnya Anda membeli pakaian baru. Karena pada waktu itu, banyak sekali diskon untuk pakaian. Namun, tunda dulu untuk membeli kendaraan atau gadget. Diskon saat lebaran biasanya hanya diberikan untuk produk fashion, bukan teknologi seperti mobil, motor, atau smartphone.

Jadi, Anda harus hati-hati. Jangan asal membeli. Lihat dulu mana yang ada diskon lebaran mana yang tidak.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén