Pagi ini waktu membuka laptop dan cek email, ada email yang sudah lama tidak pernah didapat dari paypal. Email yang membuat hati berdetak dan ingat kisah memilukan dimasa lalu.

Paypal ini adalah paypal kesekian dengan nama yang sama persis tapi alamat berbeda (clue bagi yang ingin buka akun paypal dengan nama sama)  :babyboy1

Akun paypal ini terkena limited.

Email dari paypal yang terkena limited

Penampakan di email

Akun yang satu ini belum pernah kena limited sekalipun semenjak dibikin beberapa tahun yang lalu. Sampai vcc untuk verifikasinya pun udah expired bulan Juni kemaren.

Awalnya curiga sama penjual pp langganan karena email yang dikirim paypal seperti yang tertera dibawah ini

Email Penjelasan Limited Paypal

Intinya :

Paypal ingin tahu bahwa ada aktifitas di akun paypal saya yang berisiko tinggi, seperti pencucian/penggelapan/pencurian uang. Padahal saya kan cuma beli balance paypal doang.

Kecurigaan pada seller balance paypal ini berasalan karena pada resolution center, paypal meminta penjelasan dalam rentang waktu 1 bulan sebelumnya darimana saja dana yang diterima atau ditarik.

Daripada saya berprasangka, langsung saya hubungi sellernya. Saya tanyakan apakah dananya bermasalah karena paypal men-limit akun saya karena ada aktifitas dana yang tidak wajar.

chat dengan seller balance paypal

Tapi seller menampik bahwa dananya ga ada masalah dan paypal sedang review akun yang aktif.

Hmm...Sudah Kuduga

Paypal lagi rese dan sedang random limited akun yang aktif.

Akhirnya dengan berat hati saya buka akun paypal tersebut dan langsung menuju resolution center, tempat paling seram di paypal.

Apa saja yang diminta paypal untuk merestore kembali akun saya yang terkena limited?

Nih tadi sempat saya screenshot gambar yang kebetulan udah complete untuk request yang terakhir.

Resolution Center Paypal

Ada 3 permintaan yang harus saya selesaikan :

1. Photo ID : ini adalah salah satu request yang paling sering diminta paypal untuk merestore akun yang terkena limited.

Cara resolvenya adalah dengan mengirim scan KTP, SIM atau Paspor yang nama dan alamatnya sama persis dengan nama dan alamat yang tertera di paypal.

Gimana kalau beda? Kalau beda karena alamatnya berubah seperti kasus saya ini. Saya tambahkan alamat baru dibagian setting tanpa meremove alamat yang lama.

Lalu saya tetap upload scan KTP yang lama sekaligus KTP yang baru yang sesuai dengan alamat yang baru saya tambahkan.

Coba cek pada gambar diatas dibagian Fax Photo ID, ada 2 file yang saya upload. Masing-masing adalah alamat KTP lama dan KTP baru.

2. Proof of Address : satu hal lagi yang sempat membuat saya bingung adalah ketika alamat tagihan juga sudah berbeda dengan alamat tagihan sekarang. Karena saya sudah pindah kota dari Jambi ke Jogja, sudah sudah pindah KTP. Otomatis tagihan juga beda.

Saya berinisiatif untuk memfoto tanda bukti pajak motor, kebetulan STNK  dan pajak motor saya baru beberapa bulan yang lalu (dibawah 3 bulan belakangan).

Saya mengambil kesimpulan bahwa yang diminta adalah utility bill seperti tagihan listrik, pdam, telpon yang semuanya saya tidak punya. Karena tagihan itu atas nama orang lain, beda alamat pula.

Sedangkan bukti pajak motor adalah salah satu bukti pembayaran yang sah dan tertera nama dan alamat lengkap sesuai KTP. Inisiatif tersebut berhasil, terbukti dengan kembali pulihnya akun paypal saya.

3. Provide more information about payment : Permintaan yang ketiga ini juga bikin galau, karena saya pikir kalo alasannya salah bisa berabe. Limitednya bisa permanen.

Tapi saya coba berikan alasan yang sebenarnya walaupun tidak menyebutkan membeli balance paypal secara langsung.

Berikut isinya :

I got payment from my friends to pay our shared vps hosting.

Gitu doang ko, karena emang saya menerima paypal dari teman (seller balance paypal) untuk membayar tagihan Digital Ocean kantor yang jatuh tempo. Saya bilang “shared vps hosting” karena kan yang kirim balance teman saya sedangkan yang punya akun vpsnya saya, begitu deh logikanya.

Setelah submit langsung complete deh request yang ketiga. Dan tak lama berselang setelah semua permintaan disubmit email  dari paypal yang melegakan datang.

Akun Paypal Restored

Total waktu yang dihabis untuk merestore kembali akun paypal yang limited tidak kurang dari 15 menit. Cukup cepat karena semua data yang dibutuhkan sudah ada.

Tips untuk scan KTP atau utility bill, ga perlu jauh-jauh ke rental komputer untuk jasa scan. Cukup foto sendiri dengan smartphone yang penting fotonya jelas dan nampak semua segi empatnya.

Foto biasanya lebih dipercaya karena potensi untuk diedit lebih kecil dibanding hasil scan, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk mengedit alamat atau namanya.

Jadi pihak paypal lebih mempercayai foto yang langsung dikirim daripada scan (menurut pengalaman pribadi).

Sebisa mungkin akun paypal yang digunakan untuk transaksi bulanan dan menerima pembayaran dari bisnis online memiliki data yang lengkap sesuai dengan yang tertera di paypal.

Agar kedepannya akun paypal tetap aman dan apabila terjadi limited bisa cepat untuk merestore akun paypal tersebut.