Indahnya Berbagi Ilmu

Just corat-coret – ninggalin jejak!

Plugin

Meningkatkan CTR dengan Menghilangkan Tanggal Pada Snippet Pencarian Google

Ctr vcc.putraeka.org

Punya konten yang evergreen alias tak lekang oleh jaman tapi mendapat sedikit trafik dari google?

Ingin meningkatkan ctr di serp google dengan hanya merubah sedikit kode di wordpress atau cukup install satu plugin.

Mungkin ini salah satu penyebabnya dan solusinya.

Ctr vcc.putraeka.org

Yang ditandai dengan kotak merah diatas adalah salah satu contoh bagaimana tanggal berpengaruh pada ctr di google. Selain peringkat dihalaman serp, tanggal juga berpengaruh pada ctr (click through rate) atau rasio klik user pada link web di google serp.

Untuk konten yang usernya tidak membutuhkan tanggal posting yang terbaru seperti website berita, tanggal berpengaruh sekali terhadap ctr di serp google.

Ketika seorang user atau kita sendiri mencari sesuatu di google kita pasti menginginkan informasi paling update alias informasi terbaru.

Seperti yang ditunjukkan pada contoh diatas, kemungkinan besar website ehpedia.com lebih banyak di klik daripada web vcc saya di vcc.putraeka.org karena tanggal posting ehpedia.com lebih baru.

Trus bagaimana cara menghilangkan tanggal posting tersebut dari hasil pencarian/serp google?

Berikut ada dua cara yang biasa digunakan untuk menghilangkan tanggal di halaman serp/pencarian google. Cara pertama adalah cara manual dan cara kedua dengan memakai plugin.

Untuk yang belum mengerti tentang kode php dan struktur theme dari wordpress baiknya menggunakan cara kedua. Selain lebih mudah, anda tidak repot untuk mengatur ulang kode apabila mengganti theme. Dan juga meminimalisir kesalahan yang mengakibatkan blog anda tidak bisa diakses.

Cara pertama dengan manual

Tambahkan kode ini pada functions.php

atau dengan mengubah kode ini ubah di file yang diperlukan seperti home.php, single-post.php, single-page.php dsb

hapus kode diatas dan ganti dengan kode dibawah ini

Dengan menggunakan cara ini anda hanya menghilangkan tanggal pada pencarian google tapi tetap muncul pada halaman blog dan tampak pada user yang mengunjungi blog/website anda.

Cara Kedua Menggunakan Plugin WordPress

Ada beberapa plugin yang disarankan beberapa blogger dan saya pakai di blog ini dan blog lainnya :

1. Date Exclusion SEO

Date Exclusion SEO WP Plugin

Plugin ini banyak disarankan oleh beberapa blogger yang saya temui di pencarian google.  Tapi kekurangan dari plugin ini adalah pluginnya sudah terlalu lama tidak diupdate.

Jadi bagi yang concern tentang keamanan dan compatible dengan wordpress versi terbaru plugin ini tidak disarankan.

Link download : https://wordpress.org/plugins/date-exclusion-seo-plugin/

2. WP Old Post Date Remover

WP Old Post Date Remover Plugin

Menurut penjelasan di halaman pluginnya, setting dari wp old post date remover ini hanya menghilangkan tanggal dari halaman single post tanpa mengganggu tanggal di halaman serp dan arsip.

Plugin ini tidak cocok dengan apa yang kita butuhkan. Btw bagi yang tetap membutuhkan silakan download melalui link dibawah ini.

Link download : https://wordpress.org/plugins/wp-old-post-date-remover/ atau search di menu install plugin dengan kata kunci “wp old post date remover”

3. WP Meta and Date Remover

WP Meta and Date Remover Plugin

Salah satu plugin yang saya gunakan diblog yang saya install, plugin ini secara otomatis menghapus tanggal dari posting dihalaman blog sekaligus authornya.

Kekurangan plugin ini bagi yang ingin nama authornya tetep muncul harus mengubah plugin di source codenya.

Plugin ini memiliki menu untuk menghapus tanggal melalui php atau via css.

Screenshot WP Meta dan Date Remover

Silakan download melalui link ini : https://wordpress.org/plugins/wp-meta-and-date-remover/ atau search di plugin install “wp meta and date remover”

4. WP Date Remover

WP Date Remover

Plugin ini juga saya pakai di blog ini dan beberapa blog lainnya. Pengaturan dari plugin ini cukup mudah, tinggal memilih kategori yang ingin dihilangkan tanggalnya setelah itu tinggal save pilihan tersebut.

Screenshot WP Date Remover

Silakan download melalui link ini : https://wordpress.org/plugins/wp-date-remover/ atau search di plugin install “wp date remover”

5. Hide My Dates

Hide My Dates

Plugin ini menggunakan css hack untuk tetap menampilkan tanggal pada posting di blog tapi menghilangkannya pada serp google.

Untuk mendownload silakan klik link https://wordpress.org/plugins/hide-my-dates atau bisa menggunakan fasilitas search di plugin install dengan kata kunci “hide my dates”

Dari beberapa plugin diatas yang saya pakai adalah wp date remover dan hide my dates. Silakan dicoba untuk meningkat serp anda di hasil pencarian google.

3 Comments

  1. baru tahu kalau menghilangkan tanggal bisa meningkatkan CTR, dulu saya ngilangin tanggal di pada postingan di mesin pencari tujuannya tidak lain biar artikel seperti kelihatan baru terus. Tapi saya tidak menggunakan teknik di atas melainkan hanya mensetting format tanggal pada pengaturan di wordpress

    • Trik ini biasanya berlaku untuk artikel yang bersifat evergreen, kalau artikel yang bersifat berita sepertinya tidak terlalu berpengaruh. Soalnya jika saya mencari tutorial melalui google, tanggal pembuatan posting selalu menjadi salah satu acuan mengklik hasil pencarian tersebut.

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Theme by Anders Norén