Blog sekarang menjadi kebutuhan pokok para netter selain website.Sebagai wadah untuk mengekspresikan diri, blog juga dijadikan tempat untuk mendulang emas. Tak dapat dipungkiri lagi menjamurnya blog adalah konsekuensi dari kebutuhan tersebut.

Penyedia jasa blog berlomba-lomba menyediakan layanan dan fitur terbaiknya demi mengobati demam blogger. Ada yang memberikan layanan gratis hingga layanan berbayar dengan penambahan fitur bagi blogger advanced.

Beberapa diantara penyedia layanan tersebut ialah blogspot, wordpress, livejournal, movable drive, typepad, blogit, dan masih banyak lagi. Semuanya memberikan layanan blogging untuk anda secara gratis maupun yang berbayar.

Yang paling banyak digemari adalah blogger dan wordpress. Blogger memberikan keleluasaan untuk anda membuat lebih dari sepuluh blog dalam satu akun. Dan bila anda telah mempunyai akun gmail, cukup login dengan akun tersebut.

Kelebihan dari blogger/blogspot adalah kita dapat merubah template dan menggantinya dengan template buatan sendiri atau di download dari website/blog penyedia template gratis. Selain kemudahan tersebut blogspot juga menyediakan widget untuk ekspansi blog kita agar kelihatan wah dan sekaligus mendapat earning dari Google adsense, Adbrite,dll.

Bayangkan dengan hanya modal koneksi internet tanpa perlu beli domain dan sewa hosting anda telah memiliki deary, journal maupun portofolio sendiri secara online. Inilah sebabnya banyak netter yang selanjutnya disebut blogger memilih layanan dari blogspot/blogger.

Penyedia jasa blogging yang tak kalah terkenal dari blogger yaitu wordpress. WordPress menyediakan dua layanan yang diakses dari dua site berbeda ; wordpress.org dan wordpress.com. WordPress.org adalah blog yang dihosting ditempat lain. Ini adalah semacam CMS (Content Management System) seperti Joomla, Mambo, Drupal, SMF, dan banyak lagi. Jadi dengan wordpress.org anda bisa melakukan kostumasi sesuai selera anda sebagai webmaster. Pilihan yang kedua wordpress.com ini sama seperti blogspot, anda kudu online dulu untuk memposting hasil tulisan anda. Tapi yang sangat disayangkan dari wordpress.com adalah minimnya fitur dan widget untuk kostumasi blog. Karena alasan keamanan. Sehingga widget yang layanannya memakai javascript seperti shoutbox, script adsense, sebagian tag-tag html tidak dapat digunakan. Kekurangan ini sangat krusial bagi blogger yang membutuhkan kostumasi lebih lanjut.

Tapi satu hal yang menjadi kelebihan wordpress adalah bisa mengimpor dan mengekspor posting dari penyedia blogging lainnya sehingga tak perlu lagi cemas hilangnya data.

Akhirnya saya mengucapkan selama nge-blog ria bagi yang baru mengenal blog dan juga untuk para senior/master yang telah berbaik hati menyediakan template gratis, tutorial dan tipsntriknya untuk blogger pemula seperti saya dan teman-teman lainnya.