Mungkin belum banyak perusahaan yang memahami pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai bagian dari sistem perusahaan. CSR dapat didefinisikan sebagai tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan di sekitar perusahaan tersebut. Karena tidak ada perusahaan yang bisa beroperasi dengan baik tanpa dukungan dari lingkungan sekitarnya.

Soal bisnis investasi tentu Mekar.id senantiasa menjadi andalan. Perusahaan bisa mengelola keuntungan dengan baik bila memilih Mekar.id sebagai salah satu solusi investasi. Karena dana yang disetorkan pasti dijamin keamanan dan efektivitasnya untuk membantu pengembangan UMKM. Namun untuk urusan CSR, beberapa panduan praktis berikut ini akan menjadi inspirasi baru untuk mengatur hubungan dengan lingkungan sekitar :

Meminimalkan Pencemaran Lingkungan

Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh perusahaan sering kali menjadi pengganggu bagi kenyamanan masyarakat sekitar. Tak sekadar polusi udara atau air, polusi suara yang ditimbulkan oleh mesin pun tak dapat dihindari. Oleh sebab itu, perusahaan mesti lebih memperhatikan urusan pencemaran lingkungan tersebut. Agar dampaknya bisa diminimalkan dan tidak mengganggu lingkungan di sekitar perusahaan.

Proses Rekrutmen yang Transparan

Tak ada salahnya membuka proses rekrutmen tenaga kerja untuk masyarakat di sekitar perusahaan. Sehingga taraf hidup masyarakat di sekitar perusahaan pun bisa meningkat. Hal ini akan mendukung kesejahteraan masyarakat karena bisa bekerja di tempat yang tidak terlalau jauh dari rumah. Berbagai bisnis kecil-kecilan yang dirintis oleh masyarakat pun semakin mudah berkembang. Manfaat ini juga akan dirasakan oleh perusahaan. Produktivitas pekerja akan meningkat jika tidak merasa lelah akibat perjalanan pergi dan pulang kerja yang jauh.

Mengadakan Acara Bersama dengan Masyarakat Sekitar

Ada berbagai bentuk acara yang bisa diselenggarakan untuk mendukung kebersamaan dengan masyarakat sekitar perusahaan. Melakukan sosialisasi perusahaan dan bazar adalah contoh konkretnya. Pasti masyarakat sekitar akan memberikan dukungan penuh bila pihak perusahaan berupaya menjalin hubungan baik.

Berbagai Bentuk Bantuan yang Bermanfaat

Memberikan beasiswa pelajar dan acara mudik bersama merupakan bentuk bantuan yang tak kalah bermanfaat. Gagasan sederhana ini dapat diwujudkan sebagai wujud kepedulian kepada lingkungan sekitar. Hasilnya, komunikasi yang terjalin antara perusahaan dan lingkungan sekitar pasti lebih interaktif dan lancar.

Ternyata mewujudkan CSR yang berkualitas dan mendukung operasional perusahaan tidak sulit, ya. Kini Anda pasti lebih siap mengembangkan perusahaan Anda. Karena semua perusahaan memang butuh dukungan penuh dari lingkungan di sekitarnya.