Indahnya Berbagi Ilmu

Just corat-coret – ninggalin jejak!

Blogging, Internet Basics, Opinions, Seo, Tips dan Trik, Tutorial

Pilih Yang Mana, Buka Toko Online Dulu or NgeBlog Dulu?

Toko Online

Toko Online

Sebuah pilihan yang agak berat bila dihadapkan pada para pemula seperti kita ini (kita? Siapa yach?) :D Membuka sebuah toko online bukan pekerjaan yang bisa dibilang mudah. Mulai dari mempersiapkan nama domainnya, hosting, content management system atau script, system pembayaran dan banyak lagi termasuk promosi dan iklannya. Tapi apakah sama halnya dengan membuat sebuah blog? Sebenarnya tingkat kesulitannya hampir sama dengan membuka toko online, blogger dipermudah dengan banyaknya blogger-blogger yang memberikan tutorialnya secara gratis.

Belanja Online

Belanja Online

Kurangnya resource atau referensi yang gratis dari cara pembuatan toko online inilah yang membuat hanya sedikit orang yang terjun dalam bidang ini, atau mungkin saya yang malas nyari contohnya ya? Padahal dengan membuka Toko Online, keuntungan yang didapat ga terbatas waktu dan belas kasihan dari broker paid review atau Google Adsense. Kita bebas menentukan produk yang dijual dan berapa hasil yang ingin didapat (kalo bisa sih sebanyak-banyaknya) :mrgreen:

So, jika anda dihadapkan pada pilihan untuk membuka toko online atau membangun sebuah blog? Apa yang akan anda pilih? Jika pilihan pertama jatuh pada membuat toko secara online, ilmu yang akan anda dapatkan dalam berwiraniaga akan bertambah seperti bagaimana cara mempromosikan produk anda, bagaimana bernegosiasi dengan customer dan suplier, bagaimana melayani pelanggan dengan baik. Sehingga pelanggan tersebut merasa nyaman dan terlayani dengan sempurna. Kemampuan dan insting anda dalam berbisnis akan mulai terasah.

Tapi jika pilihan awal anda adalah ngeblog dulu baru membuka lapak online, juga memberikan banyak dampak positif; misalnya : mempunyai banyak teman, jadi waktu membuka lapak nanti udah ada calon customer :D Pinter berpromosi lewat search engine karena udah pada jago SEOnya. Terus kalo udah ngeblog dokunya udah pada tebal dari hasil paid review, PPC, jualan link, ama direct ads. So, bisa nambah-nambah modal :mrgreen:

Wah, jadi tambah binun neh pilih yang mana duluan? Tapi karena saya udah terlanjur ngeblog jadinya ngeblog dulu deh, baru bikin toko online. Ayo, siapa yang pengen ikutan. :D

3 Comments

  1. Bloggig dulu buat belajar tentang dunia internet lebih baik sepertinya…:)

  2. Walaupun ditulis beberapa tahun yang lalu, isinya masih relevan. Beberapa waktu lalu saya masih galau untuk memilih: ngeblog atau jualan on-line.

    Memang masing-masing ada resikonya. Mungkin hal terpenting ialah menerima resiko itu sendiri.

    • Kalau fokus inshaa Allah bisa menghasilkan mba. Saat ini emang saya menekuni dua-duanya. Tapi tetap blogging yang memberikan hasil maksimal sampai sekarang

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Theme by Anders Norén