Anda backpacker dan ingin main ke Pangandaran? Ingin menikmati pasir putih Pantai Pananjung atau pesona Green Canyon tapi dana terbatas? Yang pertama harus dipikirkan pastinya adalah cara termurah untuk mencapai Pangandaran, berapa lama Anda akan menghabiskan waktu di sana dan cara mendapatkan penginapan yang murah meriah. Tidak perlu khawatir tentang makanan, karena masih banyak warung tepi pantai yang menjual makanan dengan harga Rp 10.000,00 hingga Rp 15.000,00 per porsi.

Tampaknya, alat transportasi paling murah menuju ke Pangandaran adalah bis. Tergantung dari mana Anda berasal, Anda dapat naik bis ekonomi dan tiba di Terminal Pangandaran. Dari situ, Anda dapat naik ojek atau angkutan kota menuju pintu gerbang Pantai Barat yang jaraknya sekitar 500 meter, jika masih kuat, Anda bahkan dapat berjalan kaki :D.

Harga tiket masuk lokasi wisata terbilang murah, hanya sekitar Rp 3.000,00 untuk Anda backpacker pejalan kaki. Arahkan kaki Anda menuju Holiday Beach Inn dan ini dapat menjadi pilihan pertama untuk hotel di Pangandaran. Harga kamarnya mulai dari Rp 300rb-an per malam, namun jika Anda memesan via Traveloka, Anda dapat membayar hanya Rp 235rb-an saja.

Beralamat di Jl. Bulak Laut No.50, hotel ini menyediakan kamarnya yang cukup bersih dan rapi, tapi tanpa kelengkapan kamar mandi. Tidak ada lemari dan koneksi WiFi di kamar. Sarapan tersedia dengan menu terbatas. Namun Anda dapat mencapai Pantai Barat dengan lima menit berjalan kaki saja.

Holiday Beach Inn

Holiday Beach Inn

Ada pilihan lain yaitu Pondok Wisata Arwana. Berada di Jl. Bulak Laut Pantai Barat Pangandaran, hotel ini hanya berjarak sekitar 600 meter dari tepi pantai. Menurut sebagian besar tamu yang telah mencoba, hotel ini menyediakan pelayanan yang baik dan fasilitas yang memuaskan. Anda dapat memesan kamar dengan harga mulai Rp 300rb-an per malam disini.

Pondok Wisata Arwana

Pondok Wisata Arwana

Dua hotel di atas masih terlalu mahal untuk Anda? Kalau begitu Anda boleh coba yang ini: Komodo Island Hotel Pangandaran. Hotel berlantai dua dengan 15 kamar ini mematok harga mulai dari Rp 200rb-an semalam! Ulasan dari beberapa tamu hotel menyatakan bahwa layanan hotel cukup baik dan memuaskan, namun yang paling berkesan adalah sarapan banana pancake-nya yang super lezat! Hotel ini hanya berjarak sekitar 200 meter dari tepi pantai, dengan alamat lengkap di Jl. Baru Bulak Laut No 105.

Komodo Island Hotel Pangandaran

Komodo Island Hotel Pangandaran

Agak sedikit ke tengah, berada di antara Pantai Barat dan Pantai Timur, Anda dapat menemukan budget hotel Rose Inn dengan alamat Jl. Kidang Pananjung No. 119, Pantai Timur. Hotel berlantai tiga dengan 19 kamar tidur ini menyediakan sarapan gratis bagi para tamunya. AC dan TV tersedia di tiap kamar dan harga kamar dipatok mulai dari sekitar Rp 220rb-an per malam. Karena letaknya yang ditengah, hotel ini berjarak sekitar satu kilometer ke Pantai Barat Pangandaran yang berpasir putih, namun hanya sekitar 400 meter ke Pantai Timur Pangandaran.

Rose Inn Hotel Pangandaran

Rose Inn Hotel Pangandaran

Yang harus diperhatikan oleh para backpacker adalah, bahwa harga-harga di atas adalah harga di saat low season. Jadi bepergianlah di saat low season atau hari-hari kerja biasa karena di saat liburan panjang atau high season, hotel-hotel termurah pun akan memberikan harga empat hingga lima kali harga low season. Selamat berbackpacker ria ke Pangandaran!

Gambar featured image : geulisindonesia.com