Indahnya Berbagi Ilmu

Just corat-coret – ninggalin jejak!

Layanan Masyarakat, Opinions

Sedekah Jariyah Lewat Video dan Ebook

Sedekah Jariyah Lewat Video dan EbookAlhamdulillah, setelah beberapa lama ga posting karena emang malas posting padahal banyak ide menulis. Akhirnya kemaren bisa kembali lagi menyapa temen-temen blogger dengan bersilaturahmi ke blog mereka dan meninggalkan jejak. Semangat untuk nulis kembali lagi.

Dulu ketika membuat judul blog ini dengan tagline Indahnya Berbagi Ilmu niat saya emang murni untuk berbagi ilmu dan juga murni untuk mencari duit :shame: Dapat ilmu trus berbagi dan dapat duit, kenapa tidak? :grimace:

Blog ini beberapa bulan yang lalu emang kehilangan jati dirinya karena mungkin saya lupa dengan tujuan utama dari Indahnya Berbagi Ilmu. Ditambah lagi setelah membaca ebook (bukunya ga jadi, konfirmasi emailnya nyampe sehari setelah saya beli ebooknya) Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat dari pak Jonru yang mengingatkan saya tentang bakat dan ilmu yang saya peroleh nanti diminta pertanggungjawabannya di hari pembalasan.

Semangat yang menggebu-gebu untuk mencari pasif pahala. Apa? pasif pahala? Yup, anda ga salah baca. Masa dari dulu nyari pasif income ajah, kita juga harus mengimbangi dengan mencari pasif pahala alias Sedekah Jariyah didalam Islam. Dengan sedekah jariyah kita tidak hanya mendapatkan pahala ketika masih hidup, namun saat raga ini meninggalkan tubuhnya menghadap sang Pencipta kita masih terus mendapatkan pahala dari ilmu yang anda berikan kepada orang lain.

Sesuai dengan hadits dibawah ini :

Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang berdoa kepadanya.” (HR Muslim).

Bagi saya seorang blogger, apa yang harus saya bagi? Tentunya ilmu tentang blogging dan cara mendapatkan uang melalui internet sehingga bisa menafkahi diri sendiri dan keluarga – insya Allah.

Mengapa harus lewat video atau ebook? Era social networking saat ini penyebaran berita sangat cepat, dengan memanfaatkan keampuhannya anda bisa menuai banyak pahala (asal ikhlas dan mudah-mudahan ikhlas. Amin)  dengan memberikan ilmu yang anda punya lewat video dan ebook tutorial.

Sedekah Jariyah Lewat Video dan Ebook

Eh blog ko tidak disebutkan? Tidak ada salahnya berbagi lewat blog malahan saya menganjurkannya dan akan lebih baik bila anda juga menyalurkan ilmunya anda lewat ebook dan video karena bisa diputar dan dibaca kapan saja tanpa harus mengunjugi blog anda.

Dan sebagai newbie di dunia Ubuntu saya juga berniat untuk memberikan tutorial untuk pemula seperti saya ini tentang penggunakan OS Ubuntu Linux, sehingga semakin banyak orang yang kenal dengan linux dan mulai bisa menghargai hak dan karya orang lain.

Bila kurang mampu untuk membeli produk propietary alias untuk menggunakannya harus membayar lisensi, seharusnya cari alternatif lain yang gratis. Hampir semua produk yang berbayar ada tandingannya yang gratis dan bebas digunakan tanpa harus bingung cari duit buat bayar lisensi.

Memang ada beberapa free software yang tidak bisa menyaingi propietary software, namun bila anda bersungguh untuk tidak ingin melanggar hak cipta orang lain dan tidak ingin bersinggungan dengan dosa insya Allah selalu ada jalan keluar. Didunia ini masih terlalu banyak orang yang berbaik hati untuk menggratiskan softwarenya dan dapat dipakai untuk kepentingan khalayak ramai.

Semoga dengan posting ini semakin banyak yang memberikan ilmunya untuk diamalkan dan bermanfaat bagi orang banyak. Amin

Photo credit to : flickr.com/photos/marcio_ruiz/ dan flickr.com/photos/sidnid/

23 Comments

  1. Subhanallah… memang teknologi membuka banyak kesempatan bagi kita untuk terus beramal ya…
    :exciting: :exciting: :exciting:

  2. Starwrite

    Hehe..betul itu mas, kalo bisa ebook bisnis online ditambah…tapi ebook soal linux juga tak apalah :gratisan

  3. He,…he..he….terimakasih banyak atas ilmu yang telah di berikannya…..
    bersedekah terusss….he..he..he…biar dapet pahala buat bekal di akhirat kelak…

  4. tanpa harus lewat ebook dan vidio, lewat blog juga bisa kok, setiap informasi yang kita berikan, jika kita niatkan untuk sesama, untuk mendapatkan amal dari Allah, insya Allah mendapatkan pahala, asalkan tetep ada niatnya. hehe. :greedy:

    • @hanifimahaldi, yup bener banget mas. Diartikel ini juga sudah saya terangkan. Yang penting niat kita berbagi ikhlas untuk mendapatkan pahala.

      Terima kasih udah berkunjung

  5. semangat tuk terus posting tulisan!!

  6. :what: mencari-*cari ilmu yang akan di bagi koq masihbelum nemu juga ya 😕 😆 aku juga dari pertama ngeblog juga berangkat dari niat itu mas. Berbagi. Meski bagi-bagiku kadang kurang mengena bagi sebagian sahabat, tapi yang penting berbagi tidak pernah rugi.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  7. begitulah… tujuan saya ngeblog adalah antara lain untuk mendapatkan amal jariyah melalui artikel2 tutorial :money:

    sekarang coba bayangkan bila blog kita berisi artikel “xxx” maka dosanya pun akan kebawa saat kita masuk kuburan :shocked:

    jadi mari kita gunkan media blog untuk berbagi ilmu kebaikan :exciting:

  8. ditunggu amal jariyah selanjutnya :)

  9. Setuju..mas, ilmu yang bermanfaat melalui media digital bertahan sepanjang jaman

  10. saya setuju dengan pendapat akang yang berkata jgn memikirkan pasif income saja,tetapi juga pasif pahala :big_smile:

    memang yang bener stepnya begitu kang, pasif income lalu mencari pasif pahala.

    saya belum melalui step yang pertama kang…

    :eyes_droped:

  11. Pokoknya, niat kita nggak beda jauh, deh. Selain kepingin karya-karyaku dibaca khalayak ramai, aku juga kepingin dapat pasif pahala, dan meninggalkan jejak sebelum berpulang^^

  12. :red_heart: berbagi dan terus berbagi karena ilmu akan terus berkembang untuk titik titik kebaikan menghapus amal buruk yang mungkin kita lakukan

  13. heheehe
    betul betul betul
    lam kenal ya mas :victory:

  14. mantab dech sedekahnya…
    ditunggu sedekah2 lainnya yach bRo…
    makasih :big_smile:

  15. setuju
    kalo bisa dapet duit dari berbagi ilmu kenapa enggak, toh ilmu memang gk murah kok

  16. mmm, sepertinya menarik juga dengan berbagi ilmu ini …..

  17. sip lanjutkan gan ,menunggu ilmu perlinuxan nih :victory:

  18. yup…setuju. Dari sebuah catatan atau tulisan di website/blog bisa bermanfaat utk org lain. Udah ada buktinya lho…pemilik blog sdh almh. tp doa dr org lain gak henti2nya mengalir krn pengunjung merasa mdpt manfaat dr blog tsb…padahal hanya sebuah catatan resep masakan lho…cek di http://dapurbunda.blogspot.com

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Theme by Anders Norén