Indahnya Berbagi Ilmu

Just corat-coret – ninggalin jejak!

Kesehatan

Sunblock Untuk Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Sunblock

Sunblock atau tabir surya merupakan lotion kimiawi cair yang berfungsi untuk menyaring sinar matahari. Lotion ini nantinya akan masuk kedalam kulit, dan kemudian akan menyerap radiasi UV yang berasal dari paparan sinar matahari sebelum memasuki lapisan kulit manusia lalu merusaknya. Akan tetapi, sebagian dari sinar matahari tetap akan ada yang terserap kedalam tubuh sehingga tidak menghilangkan fungsi positifnya.

Pemilihan dan Penggunaan Sunblock yang Benar

Berbeda dengan sunscreen, dalam sunblock terkandung suatu mineral seperti titanium dioxide atau zinc oxide yang berfungsi dalam membangun lapisan di bagian atas pada permukaan kulit dan menjadi dinding penghalang bagi kulit terhadap paparan sinar matahari. Tekstur dari lotion ini berwarna putih susu, lebih kental dan dapat dilihat dengan jelas oleh mata. Tabib surya ini sangatlah direkomendasikan untuk menjadi perlindungan terbaik bagi Anda yang mempunyai aktivitas di bawah paparan sinar matahari selama berjam-jam, seperti bermain di pantai ataupun berenang.

Ketika Anda sedang memilih produk pelindung sinar matahari, alangkah baiknya untuk memilih suatu produk dengan tingkat SPF yang terbaik. Dalam hal ini, para ahli telah merekomendasikan untuk memakai pelindung dari sinar matahari yang mempunyai fitur tahan terhadap air dan memiliki jangkauan SPF antara 30 sampai 60. Selain itu, perlu dipastikan bahwa setiap produk yang digunakan memiliki kandungan komposisi penangkal UVA seperti titanium oxide, avobenzone, oxybenxone, ecamsule, dan zinc oxide. Paparan sinar UVA dan UVB yang terlalu lama juga dapat memicu keriput, membuat kulit terbakar, penuaan dini pada kulit, serta munculnya flek hitam. Bukan hanya itu, paparan radiasi dari sinar matahari tersebut juga dapat merusak DNA pada kulit sampai menyebabkan risiko terkena kanker kulit meningkat.

Oleh karena itu, penggunaan dari salah satu produk yang berasal dari NIVEA bernama Nivea Sun Protect & Moisture Spray SPF 50+ dapat membantu Anda dalam melindungi kulit ketika beraktivitas dibawah paparan sinar matahari secara langsung. Selain memberikan perlindungan secara maksimal pada kulit terhadap UVA dan UVB, produk ini telah diuji secara dermatologi bahwa cocok untuk segala jenis kulit dan juga tahan terhadap air serta mampu menjaga kelembaban kulit dengan kandungan vitamin E yang ada didalamnya. Walaupun aktivitas yang dilakukan berada di tempat teduh ataupun di dalam ruangan, tetaplah gunakan sunblock. Hal ini dikarenakan sinar matahari akan tetap memancarkan radiasi. Jadi bagaimanapun cuacanya, usahakan tetap memakainya ketika beraktivitas. Selain itu untuk mendapatkan hasil maksimal diperlukan cara pemakaian yang benar sebagai berikut.

  • Mengaplikasikan Lapisan yang Tebal

Takaran penggunaan sunblock yang tepat yaitu satu sendok makan untuk wajah, dan sekitar dua ons untuk tubuh. Pengaplikasian yang terlalu tipis hanya akan mengurangi kandungan SPF bagi perlindungan kulit.

  • Mengaplikasikan Langsung ke Wajah

Menurut para ahli, penggunaan tabib surya yang baik adalah mengeluarkannya secara langsung pada wajah. Teknik ini akan membuatnya lebih merata dan cepat meresap pada seluruh permukaan kulit.

  • Mengaplikasikan Setiap 90 Menit Sekali

Penggunaan dari tabib surya memang kurang efektif ketika terkena paparan sinar matahari. Oleh karena itu disarankan untuk selalu mengaplikasikannya pada kulit setiap 90 menit sekali untuk hasil yang lebih maksimal.

Dengan memilih produk sunblock yang benar serta cara memakainya juga benar, maka kulit Anda ketika beraktivitas di bawah paparan sinar matahari akan terlindung secara maksimal. Selain itu, kulit akan tetap terhindar dari berbagai masalah yang dapat membahayakannya.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén