Tips Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang – Merebaknya pengguna internet beberapa tahun belakangan membuat geliat bisnis online juga ikut meningkat. Semakin banyak yang berjualan barang dan jasa secara online yang memanfaatkan website, marketplace lokal, facebook maupun instagram. Tentunya ini diikuti dengan kebutuhan akan jasa ekspedisi dan logistik. Karena itu sekarang banyak pilihan layanan pengiriman barang yang memudahkan anda untuk memilih layanan yang anda inginkan.

Tapi dibalik itu tentunya tidak semua jasa memberikan pelayanan yang prima, ada juga jasa yang pelayanannya bisa dibilang tidak memuaskan. Untuk itu anda harus tahu apa saja kriteria yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan pengiriman barang, agar menjadi salah satu perusahaan yang anda pakai jasa mereka kedepannya.

Anda juga tidak mau kan harus melakukan riset dan due diligent hampir setiap bulan untuk menemukan perusahaan ekspedisi terbaik? Jika sudah memiliki beberapa list vendor tentunya anda ingin tetap menjadi langganan jasa mereka. Karena kalau sudah berlangganan tentunya harga yang diberikan lumayan murah dan anda bisa dengan mudah untuk menghubungi perusahaan tersebut apabila terjadi keterlambatan pada pengiriman barang.

Apa saja kriteria yang harus dipenuhi agar anda bisa memilih perusahaan ekspedisi pengiriman barang tersebut?

Pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips yang berasal dari berbagai sumber terpercaya baik dari perusahaan ekspedisi itu sendiri, pengguna jasa, dan review dari blogger yang telah menggunakan jasa ekspedisi tersebut.

Bagi anda yang ingin apa saja tips memilih jasa ekspedisi pengiriman barang tersebut? Simak penjelasannya berikut ini :

Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang Yang Terpercaya

Anda tentu sangat familiar dengan jasa ekspedisi berikut ini : POS Indonesia, JNE, TIKI, WAHANA, Sicepat, dan RPX. Apa yang membedakan mereka satu sama lain? Tentunya pelayanan yang diberikan membuat anda cenderung memilih salah satu jasa tersebut.

PT Tiga Permata Express

Sudah tau PT. Tiga Permata Express? Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa logistik, kargo, dan kurir.

Bagi anda yang butuh jasa pengiriman ke seluruh Indonesia, anda bisa menggunakan jasa perusahaan ini. PT. 3PE ini memiliki mitra terpercaya yang tersebar luar di seluruh wilayah Indonesia. Memiliki tim yang solid sehingga membuat pelayanan mereka semakin prima.

Bagi anda yang berada di Pulau Jawa, anda bisa menggunakan layanan kurir untuk mengantar barang langsung ke alamat dengan waktu yang cepat. Anda bisa mengecek website mereka di www.3pe.co.id

Lanjut tentang bagaimana tips memilih jasa pengiriman barang, silakan catat kriteria ini dan terapkan dalam riset anda.

1. Harga yang bersaing

harga yang bersaing

Masalah harga adalah masalah yang sangat sensitif, harga bisa mempengaruhi keputusan sebuah perusahaan untuk memilih partner dalam usaha mereka. Oleh karena itu faktor harga adalah hal yang perlu anda perhatikan, biasanya perusahaan ekspedisi melalui tim marketing akan mendatangi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa pengiriman barang. Anda bisa melihat brosur dan harga yang mereka berikan.

Anda juga bisa mengetahui harga dari website mereka atau menghubungi call-center/customer service jasa ekspedisi tersebut. Perhatikan apakah harga mereka bersaing dengan layanan yang wajar atau mereka memberikan harga murah tapi pelayanan yang kurang memuaskan.

Hati-hati memilih perusahaan hanya berdasarkan harga yang mereka berikan, banyak yang terkena masalah dengan konsumennya karena memilih layanan ekspedisi murah tapi kurang bagus dalam pelayanan.

2. Garansi dan Jaminan

garansi dan jaminan

Faktor selanjutnya adalah garansi dan jaminan yang mereka berikan kepada anda. Sebuah perusahaan logistik tentu mengetahui bahwa hampir semua perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang mengalami masalah yang berupa keterlambatan, salah kirim atau bahkan hilang ditengah jalan.

Perusahaan jasa logistik dan kargo yang baik memiliki prosedur yang win-win solution dalam menghandle hal ini. Anda tentu juga tidak mau hal buruk terjadi pada barang yang anda kirimkan. Oleh karena itu pilihlah perusahaan yang memberikan garansi terbaik yang mereka berikan dan pastikan mereka benar-benar menepati janjinya. Bukan hanya sebuah janji diatas kertas.

Anda bisa menanyakan sesama pengusaha lain atau penjual online lainnya bagaimana pengalaman mereka menggunakan jasa ekspedisi tersebut. Jika ada hal yang menyangkut barang hilang atau tertukar, apa yang mereka dapatkan sebagai kompensasi?

3. Tracking Online dan Customer Care yang Responsif

customer service responsif

Jika anda berbisnis di bidang jasa, tentunya customer care/service yang bisa dihubungi kapanpun  (selama jam kerja) adalah sebuah keharusan. Bagaimana cara mereka menghandle komplain dari konsumen juga perlu diperhatikan. Anda juga bisa mengecek posisi barang anda sampai dimana dengan menghubungi customer service dari perusahaan tersebut.

Hal ini diperlukan jika jasa tersebut belum memiliki tracking online. Jika jasa ekspedisi sudah memiliki tracking online (perusahaan jasa kurir dan kargo udara biasanya memiliki tracking online)  anda tentu dengan mudah mengecek status barang anda dan juga bisa memberikan rincian tersebut kepada konsumen anda. Peran customer service dibutuhkan hanya ketika komplain dan menanyakan harga pengiriman barang ke daerah tertentu.

Nah itulah tips singkat tentang memilih jasa ekspedisi pengiriman barang. Semoga bermanfaat