23 Hari Setelah Memakai OS Ubuntu 9.10 dan 10.04Mohon Maaf Lahir Bathin untuk semua pengunjung dan temen-temen blogger (telat 9 hari neh. hehehe) Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1431 H. Semoga amal ibadah kita di bulan suci ini diterima Allah Swt disisinya dan Semoga dosa-dosa kita yang telah lampau diampuni-Nya. Amin

Alhamdulillah setelah sekian lama memakai OS Windows bajakan (berapa banyak dosanya tuh? Semoga di Ampuni Allah di bulan Ramadhan yang maghfirah ini) akhirnya semenjak 27 Juli 2010 saya beralih ke Sistem Operasi/OS Ubuntu. Berawal dari Windows Xp SP 3 yang diinstal sama penjual laptop Compaq CQ40 ini mulai bermasalah karena Avira versi gratisan yang selama ini selalu diupdate mendadak gila.

Ternyata virus Alhmanhe.B sudah menyusup di laptop, padahal aviranya selalu diupdate lho. Jadi bingung…… setelah proses scan dan menghapus semua file exe yang terkena virus dan restart. Ternyata….. windowsnya ga bisa terbuka lagi. Bingung lagi nyari CD windows bajakan yang dulu dikopi dari temen, eh sekarang udah ga bisa dipake karena cdnya udah rusak dan lecet.

Setelah membongkar tas-tas yang berisi cd program windows yang dikumpulin selama ga punya laptop ama komputer dulu (jaman dahoeloe kala ketika jadi penghuni setia warnet) ternyata ada CD Ubuntu Versi 9.10/Karmic Koala yang dipesan dari Shipit Ubuntu langsung deh tak jalanin live CDnya ternyata tampilannya sudah semakin menarik (pernah juga dapat kiriman pertama dari shipit ubuntu versi 8.04 kalo ga salah) dan ternyata juga modem USB Huawei E220 langsung detek di live CD tersebut dan langung bisa ngenet. Keren…….

Karena udah terlanjur kesengsem sama kemudahan dan tampilannya, langsung ajah tak cari tutorial cara menginstall Ubuntu side by side/berdampingan dengan windows (penginnya sih ubuntu jadi alternatif ajah). Proses penginstallannya lumayan cepet, ga nyampe setengah jam. Setelah proses penginstalan berhasil, langsung tak jalanin internet lewat Telkomsel Flash, wush langsung jalan.

Ngomong soal windows, sampe sekarang udah ga ingat lagi tuh. hehehehe. Karena Ubuntu ane yang versi 9.10/Karmic Koala udah diupgrade ke versi terbarunya Lucid Lynx/V.10.04 yang tambah cepat (proses booting dan shutdownnya itu lho yang keren, cepet banget, windows jauh kalah apalagi kalo program yang terinstall udah banyak dan hardisknya ga didefrag)

Semoga pengalaman saya ini menjadi inspirasi bagi temen-temen yang masih menggunakan sistem operasi bajakan dan masih tidak sanggup untuk membelinya. Kalo ada yang gratis kenapa harus beli, ya ga?