Pentingkah SEO untuk website e-commerce? E-commerce SEO merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Bukan hanya mampu menambah trafik website dari bisnis yang tengah anda jalankan, penerapan SEO juga mampu meningkatkan jumlah penjualan anda.

Bagi anda yang tertarik menerapkan ilmu SEO pada website e-commerce, ada baiknya belajar tipsnya yang berikut ini.

1. Susun halaman website dengan baik

Penyusunan atau pengaturan website dilakukan demi mempermudah pelanggan dalam melakukan pencarian halaman penting yang mereka butuhkan di website anda.

Penyusunan halaman bisa dilakukan dengan cara memperhatikan produk mana saja yang termasuk produk populer, produk dengan rating tinggi hingga related produk mana yang harus ditampilkan.

Salah satu contoh adalah website Alatresto.com, yaitu e-commerce yang menjual berbagai jenis peralatan dapur dan horeca. Menyadari bahwa ada banyak produk kitchen equipment yang harus dipajang di website, Alatresto.com membaginya menjadi kategori produk terlaris dan produk terbaru di halaman homepage. Selain untuk memudahkan visitor, Alatresto.com juga meyakini hal ini dapat membantu efektifitas SEO di website mereka.

2. Riset keyword

Riset Keyword

SEO untuk kebutuhan E-Commerce dapat dilakukan dengan cara melakukan riset keyword terlebih dahulu. SEO sendiri terbilang berhasil jika anda mampu menemukan kata kunci yang tepat.

Untuk keperluan E-commerce, anda bisa menyesuaikan keyword dengan nama produk yang anda jual. Dalam hal ini disarankan untuk menggunakan keyword yang fokus pada jenis produk anda.

3. Perhatikan konten halaman

Penerapan SEO untuk E-commerce juga dilakukan dengan memperhatikan konten dari halaman website. Dalam mengoptimalisasi konten halaman produk, anda bisa menulis 1000 kata lebih dalam mendeskripsikan suatu produk. Bukan hanya sekedar menulis, namun masukkan pula target keyword dalam tulisan 3 hingga 5 kali dalam konten.

Selain itu gunakan juga LSI keyword serta masukkan URL yang pendek kedalam ulasan. Penggunaan internal link juga dapat dilakukan demi menambah nilai plus bagi website anda.

Selain memperhatikan jumlah konten, isi dari konten juga sebaiknya dipertimbangkan. Tuliskan deskripsi produk secara jelas dengan kata-kata yang menarik. Deskripsikan produk anda dengan kata-kata yang unik dengan memasukkan keyword agar lebih seo friendly.

4. Hindari duplikat konten

Menghindari duplikat konten menjadi hal penting yang harus anda lakukan. Memang benar jika membuat konten yang berbeda hanya akan menyita banyak waktu anda. Meski demikian, hal ini justru membuat website e-commerce anda menjadi lebih berkualitas.

5. Lakukan navigasi yang tepat

Sudah baguskah website yang anda miliki? Sudah nyamankah digunakan? Jika belum, maka tidak ada salahnya jika anda memperbaiki sistem navigasinya.

Navigasi memegang peranan yang cukup penting dalam membuat website anda asik dan tentunya betah dikunjungi. Berbeda dengan sistem navigasi yang buruk, navigasi yang demikian membuat pengunjung kurang tertarik hingga buru-buru menekan tombol close pada bagian atas browser.

6. Hindari keberadaan broken link

Menghindari broken link merupakan tips SEO untuk website E-Commerce yang selanjutnya. Memastikan jika tidak terdapat broken link menuju “page 404 halaman tidak ditemukan” merupakan salah satu bentuk usaha yang harus dilakukan.

Keberadaan page yang buruk membuat pengunjung malas berkunjung di website anda. Penting bagi anda untuk secara rutin melakukan pengecekan pada website sehingga dapat segera memperbaiki jika ada kerusakan.

7. Masukkan gambar yang menarik

Gambar Menarik

Menampilkan produk dengan gambar yang cantik merupakan langkah penting untuk membuat pengunjung tertarik pada produk anda. Buatlah gambar dengan resolusi yang baik, unik, menarik dan tentunya proposional. Selain itu tambahkan pula Alt Tag untuk membantu perfoma website anda di Search Engine.

Penggunaan SEO bukan hanya wajib bagi pemilik website konten melainkan juga bagi pemilik website toko online. Penggunaan SEO yang tepat membuat web e-commerce anda lebih unggul dan tentunya mudah ditemukan di Google. Hal ini tentu membantu anda dalam meningkatkan traffic pengunjung.

Sekarang tinggal pilih, apakah Anda ingin melakukan SEO sendiri dengan men-investasikan waktu Anda, atau pilih praktis mempercayakannya kepada penyedia jasa SEO profesional yang memang sudah banyak bermunculan? Pilihan di tangan Anda :)