Menjalankan sebuah bisnis adalah suatu hal yang bisa dibilang susah-susah gampang. Susah bagi mereka yang baru pertama kali akan terjun ke dunia bisnis, tanpa pengalaman sama sekali. Tidak punya modal dan jaringan. Semua harus dibangun dari nol. Tetapi sebenarnya menjalankan suatu bisnis sebenarnya bukan perkara sulit, terutama bagi mereka yang mentalnya sudah terasah berwirausaha.

Sekarang ini ada semacam jalan pintas untuk memulai terjun ke dunia bisnis, yaitu dengan mengambil bisnis pola kemitraaan atau franchise (waralaba). Bisnis franchise pada dasarnya adalah bisnis kerjasama antara pemilik merek atau usaha (franchisor) dengan pembeli franchise atau pengguna merek tersebut. Pola kerjasama ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Pemilik franchise bisa memperluas pasar dan menambah jaringan, sedangkan pembeli franchise tidak perlu repot-repot membangun usaha dari nol karena segala keperluan mulai dari produksi hingga pemsaran sudah dilakukan oleh pemilik franchise.

Untuk membeli sebuah franchise dibutuhkan modal yang bisa dibilang tidak sedikit. Apalagi untuk franchise dari merek yang sudah punya nama. Harga franchisenya bisa dipastikan sangat tinggi dan hanya bisa dijangkau oleh pemain bisnis besar yang sudah berpengalaman. Namun, saat ini sudah menjamur bisnis franchise dengan modal kecil, bahkan sangat kecil. Hanya dengan modal kurang dari 10 juta rupiah sudah bisa memulai bisnis franchise. Bahkan tidak sedikit yang modalnya Cuma 5 juta rupiah saja bahkan kurang. Apa saja bisnis franchise yang bisa dibeli dengan modal kecil tersebut?

Berikut ini beberapa jenis bisnis franchise yang paling sering ditawarkan dengan modal kecil:

Franchise Makanan Minuman

Pernahkah Anda membeli sebuah produk minuman atau makanan di sebuah lokasi keramaian? Di pinggir jalan atau di depan toko swalayan? Sering kita temui penjual minuman dingin beraneka rasa dan isinya yang dijual menggunakan gerobak atau booth yang didesain dengan tampilan menarik. Misalnya saja produk minuman es cappucino cincau. Minuman ini dijual dengan harga antara Rp5000 sampai Rp10000 saja. Untuk bisa membeli franchise cappucino cincau ini modal yang dibutuhkan tidak lebih dari 10 juta rupiah, untuk membeli hak franchise, booth, bahan baku, dan sewa tempat. Masih banyak lagi contoh bisnis franchise makanan minuman dengan modal kecil. Ada franchise makanan/bubur bayi, minuman dingin, makanan ringan/camilan, dan sebagainya.

Franchise Laundry

Ga salah ini, bisa bisnis laundry dengan modal kecil? Ya, kini ada banyak sekali pemilik laundry yang membutuhkan kerjasama, mencari mitra untuk membuka gerai laundry di berbagai daerah. Pembeli franchise hanya diminta untuk meyediakan tempat saja untuk menerima titipan pakaian dari customer, proses cuci mencuci dilakukan di gerai pusat. Ini adalah peluang bagi yang ingin memulai bisnis laundry dengan modal minim.

Franchise Lembaga Pendidikan/Kursus

Saat ini ada juga loh lembaga kursus bahasa asing yang menawarkan franchise dengan sangat murah. Hanya dengan modal 5 juta rupiah saja, Anda sudah bisa membuka kursus bahasa asing di tempat Anda. Nama sudah ada, perangkat disediakan, tenaga pengajar mendapatkan pelatihan dari pusat.

Itulah beberapa peluang bisnis franchise yang mungkin bisa Anda coba dengan modal awal yang cukup ringan. Dengan menjalankan bisnis tersebut kedepannya bisnis Anda akan tumbuh dan berkembang menjadi bisnis yang lebih besar lagi, dan bisa menambah gerai di berbagai tempat. Jangan lupa untuk menjadi perhatian agar memperhatikan pola kerjasama yang ditawarkan, legalitas perusahaan, dan reputasi dari pemilik franchise.