Indahnya Berbagi Ilmu

Just corat-coret – ninggalin jejak!

Tips dan Trik

Cara Memilih Oli Mesin yang Tepat untuk Mobil

Cara Memilih Oli

Oli mesin merupakan sesuatu yang sangat penting karena fungsinya sebagai pelumas mesin sehingga tidak berbenturan nanti. Supaya mesin bisa bekerja dengan mulus, pilih oli yang memang benar-benar terbaik. Karena jika salah dalam memilih bisa menyebabkan tenaga mesin jadi turun. Ada banyak sekali oli yang akan direkomendasikan oleh montir nanti. Tapi Anda juga harus tahu oli seperti apa yang tepat untuk mesin mobil Anda.

Cara Memilih Oli Mesin yang Tepat untuk Mobil

  1. Memahami Spesifikasi Mesin

Cara yang paling mudah dalam memilih oli adalah dengan membaca mannual book yang akan didapatkan ketika melakukan pembelian. Di buku tersebut akan dijelaskan spesifikasi mesin serta jenis oli yang cocok untuk mobil Anda. Hal yang terpenting adalah kecocokan oli dengan mesin dan kualitasnya.

  1. Kekentalannya

Meskipun fungsinya sama namun tidak semua oli bisa melindungi mesin dengan cara yang maksimal apalagi jika kandungan di dalamnya ternyata tidak sesuai dengan sifat mobil Anda. Tingkat kekentalan oli mesin bisa dilihat dari nomor SAE. Semakin besar nomor yang ada pada kode SAE artinya kekentalannya pun semakin tinggi.

  1. Bahan Pembuatannya

Oli mobil ada dua jenis bahan yang digunakan. Yang pertama adalah oli sintetis dan oli mineral. Oli sintetis lebih maksimal saat digunakan mobil pabrikan yang baru tapi oli mineral juga banyak kelebihan diantaranya tahan gesekan, kadar penguapan yang lebih rendah, lebih ekonomis, bisa menjaga kebersihan pada mesin karena didalamnya terdapat detergen.

  1. Hindari Oli yang Palsu

Ada banyak sekali oli abal-abal yang beredar. Dengan harga yang lebih murah akan ditawarkan penjual supaya Anda tertarik untuk membelinya. Tapi disini sebaiknya Anda harus bisa membedakan ciri-ciri oli palsu sebelum terjebak nanti. Biasanya oli palsu warnanya lebih pekat dan hitam gelap,oli palsu juga kasar ketika dipegang dan baunya tengik. Tapi, jika ingin oli yang berkualitas, saya sarankan untuk membeli di mobil.co.id yang sudah terbukti asli dan berkualitas unggul.

  1. Memeriksa Kondisi Oli

Oli mesin tak hanya jadi pelumas mesin tapi juga melindungi mesin dari karat, menjaga suhu mesin agar selalu stabil serta membersihkan dan menutup celah pada dinding mesin. Dengan begitu banyaknya fungsi dari oli tentunya sebelum memilih oli ada baiknya periksa dulu kondisi dan juga volumenya secara berkala. Karena jika tidak, tak hanya mesinnya yang menjadi dampak tapi komponen pada mesin mobil yang lain pun bisa saja ikut rusak juga. Buat Anda yang beli mobil bekas pun harus periksa dulu kondisi olinya. Mesin mobil terindikasi bermasalah jika olinya berpasir atau bercampur air jadi harus waspada.

  1. Ganti Oli

Gonta-ganti oli sebenarya boleh-boleh saja jika memang merk yang digunakan sekarang ini tidak cukup bagus untuk mesin mobil. Tapi disini melihat oli mobil harus perhatikan kualitasnya. Oli mesin memiliki kekentalan sama untuk mesin mobil. Saat mengganti merk oli jangan lupa untuk kuras habis dulu oli yang tersisa didalamnya agar nanti tidak ada lagi sisa pembakaran oli yang lama.

Dengan beberapa tips yang sudah saya jelaskan diatas, semoga bisa membantu Anda untuk memilih oli yang tepat agar mobil kesayangan Anda mesinnya akan selalu bagus dan mulus. Sangat penting untuk melihat kualitas dan kekentalan dari oli mesin supaya nanti mesin didalamnya akan selalu terjaga dan terlindungi.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén