Cara pasang SSL gratis di Custom Domain Blogger – Beberapa saat yang lalu blog yang dihosting menggunakan sub domain blogspot sudah mendapatkan ssl gratis secara otomatis atau bisa mengubah settingnya sendiri jika blogspotnya belum https.

Kini giliran custom domain yang mendapatkan fasilitas SSL gratisnya. Seperti yang kita tahu Google memasukkan SSL sebagai salah satu faktor yang dihitung dalam algoritma mesin pencarinya. Walaupun banyak yang sudah melakukan riset, pengaruhnya tidak terlalu signifikan. Tapi, tidak ada salahnya untuk mulai beralih ke SSL karena semakin lama semakin banyak domain yang menggunakan https.

Cara Mendapatkan SSL Gratis untuk Custom Domain Blogger

Pertama-tama login ke dashboard  blogger menggunakan url ini :

https://draft.blogger.com/

Setelah itu masuk ke menu setting > basic atau jika menggunakan bahasa Indonesia Setelan > Dasar

Pada Menu HTTPS > Ketersediaan HTTPS : pilih opsi YA

Tutorial Custom Domain Blogger

Langkah 1

Setelah itu akan muncul pesan Ketersediaan HTTPS sedang diproses. Periksa kembali nanti

Tunggu beberapa saat, lalu refresh kembali dashboard blogger anda. Lanjutkan langkah kedua dengan ke opsi Pengalihan HTTPS pilih YA

Seperti gambar dibawah ini :

Tutorial SSL untuk Custom Domain Blogger

Langkah 2

Jika langkah ini sudah selesai maka selamat domain anda sudah mendapatkan SSL gratis dari Google.

Info tambahan, Google memanfaatkan penyedia SSL gratis yaitu Letsencrypt (anda bisa cek di info browser). Biasanya letsencrpyt direnew per 3 bulan, karena saya juga baru mencoba fasilitas ini belum kedepannya akan direnew otomatis seperti di Cpanel atau harus renew sendiri.

Tapi menurut pengalaman menggunakan fasilitas SSL gratis dari google menggunakan firebase, fitur letsencryptnya di renew otomatis. Jadi ga perlu bingung dengan status 3 bulan tersebut.

Berikut adalah contoh domain saya yang berhasil menggunakan SSL gratis dari Blogger/Blogspot

https://www.eka.pw/