Setelah beberapa hari yang lalu banned massal untuk kesekian kalinya dari Amazon yang penyebab utamanya dicurigai karena pembayarannya lewat Direct Deposit (DD) akhirnya kecurigaan itu benar adanya. Pilihan pembayaran lewat Direct Deposit di Amazon ditiadakan.

Mungkin karena banyak affiliate dari Indonesia yang menggunakan jasa direct deposit, sedangkan jasa direct deposit itu tidak memberikan pendapatan sama sekali ke pemerintah US. Maka Amazon bertindak demikian.

Kecewa?

Berat masbro, bayangkan kalau memakai cek kita harus menunggu minimal 4 bulan untuk mendapatkan uang hasil affiliate kita di Amazon dengan rincian :

  • 2 bulan di hold di amazon untuk menjaga agar mereka tidak rugi kalau ada pembeli yang melakukan refund,
  • 1 bulan menunggu pengiriman cek datang ke Indonesia yang kadang-kadang tidak sampai karena layanan Pos Indonesia masih dibilang dibawah standar untuk masalah penerimaan barang/dokumen dari luar negeri.
  • 1 bulan lagi menunggu cairnya cek yang dicairkan lewat bank seperti bank Niaga, Mandiri, BRI dan bank lainnya

Kan ada pilihan AGC (Amazon Gift Certificate)?

Kalau pilihan yang ini lain lagi, bagi yang mau membeli barang dari Amazon saya rasa tidak ada masalah tapi siap-siap ajah bermasalah dengan bagian bea cukainya nanti (rata-rata dipalakin kalau barangnya mahal atau malah tidak sampai ke tangan si pemilik?).

Tapi kalau di jual? Ini nih yang jadi problem, harga dolar saat ini berkisar antara Rp.9400 – Rp.9700/$US, nah kalau menjual AGC pada para pembeli hampir sama seperti tengkulak masbro. Mereka mengambil keuntungan yang sangat tinggi, bayangkan dengan kurs segitu mereka mengambil harga Rp.7000/$US bahkan ada yang Rp.6000/$US. Kalau cuma ratenya berkurang Rp.500 – Rp.1.000 sih masih enak. Bayangkan ajah keuntungan yang didapatkan dengan selisih 2rb rupiah/$US dikalikan ratusan dolar AGC yang kita punya.

Bagi teman-teman yang berpendapat lain, silakan berpendapat sendiri. Mungkin ada yang berpendapat ga masalah rate kecil asal ga nunggu lama. It’s ok!

Tapi saat ini kembali ke jaman dulu, memakai cek untuk mendapatkan pembayaran Amazon.