Indahnya Berbagi Ilmu

Just corat-coret – ninggalin jejak!

Kesehatan

Green Coffee Sangat Bagus untuk Anda yang Sedang Melakukan Diet

Green Coffee

Meminum kopi menjadi salah satu kebiasaan tersendiri bagi sebagian orang karena sebagai ‘suntikan’ agar tubuh bisa lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas. Ada beragam jenis kopi dan jenis kopi yang saat ini banyak dipilih adalah kopi hijau. Green coffee yang bahkan sudah banyak ditemukan di toko online ini memiliki kandungan yang bisa membantu program diet sehingga berat badan tubuh menurun.

Kopi hijau berbeda dengan kopi hitam pada umumnya dan hal dasar yang membedakannya adalah karena prosesnya. Kopi hijau tidak melalui proses roasting sehingga warna biji kopi tetap hijau dan kandungan asam klorogenat yang bagus untuk menurunkan berat badan bisa terjaga. Sedangkan kopi hitam terbuat dari biji kopi yang diroasting sehingga warnanya hitam dan asam klorogenat hampir tidak ada sama sekali di jenis kopi ini.

Manfaat Green Coffee

Biasanya untuk mengkonsumsi green coffee bisa dalam bentuk suplemen yang bagus untuk Anda yang sedang diet, namun ada juga yang masih berbentuk biji atau yang sudah diolah dan berbentuk serbuk sehingga tinggal diseduh dan diminum. Untuk membuat kopi hijau sendiri, Anda hanya perlu untuk membeli biji kopi hijau dan kemudian mengolahnya. Ada beberapa cara pengolahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan mesin pembuat popcorn. Anda bisa menggunakan mesin ini dan kemudian memasukkan biji kopi dan tunggu selama 10 menit sebelum akhirnya biji kopi siap dan bisa di hancurkan.

Kedua adalah dengan menggunakan mesin roasting yang harganya sangat mahal. Agar biji kopi hijau tidak menghitam dan berubah menjadi kopi hitam, Anda harus membolak-balik secara terus menerus. Sedangkan jika Anda menggunakan mesin roasting tersebut, Anda hanya perlu untuk memasukkan biji kopi hijau dan setel atau atur untuk mematangkan biji tersebut. ketiga adalah dengan menggunakan oven. Gunakan loyang berlubang dan bolak-balik biji kopi secara berkala selama kurang lebih 20 menit pada oven.

Namun, benarkah kopi hijau bisa menurunkan berat badan? Kopi jenis ini memang bisa menurunkan berat badan namun tidak jangka waktu yang lama. Hal tersebut disebabkan karena belum ada penelitian yang menyebutkan atau membuktikan jika kopi hijau tersebut mampu untuk menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Dalam kopi hijau terdapat kandungan asam klorogenat yang tinggi yang bisa mempengaruhi metabolisme dan kadar gula dalam darah di tubuh sehingga bisa membantu proses diet.

Kopi yang bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen ini bisa dikonsumsi dengan dosis 60-185 mg per harinya untuk jenis kopi hijau yang berbentuk pil. Konsumsi kopi hijau dalam jumlah yang banyak atau diluar batas normal bisa menyebabkan hal yang kurang diinginkan walaupun hingga saat ini belum ada penelitian yang lebih luas mengenai hal tersebut. sehingga sebelum Anda mengkonsumsi pil tersebut, konsultasikan dengan ahli gizi atau patuhi dosis yang diberikan.

Efek samping dari pengonsumsian green coffee adalah lebih sering kencing, susah tidur, gelisah, meningkatkan detak jantung, efek sakit perut, gugup, tegang, sakit kepala bahkan telinga berdenging. Walaupun beberapa menyebutkan jika kopi hijau tidak masalah jika dikonsumsi oleh penderita diabetes namun takaran yang bisa dikonsumsi juga harus diperhatikan sebab kopi hijau bisa mengubah proses gula tubuh. Ada beberapa orang yang tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi kopi hijau:

  • Ibu hamil dan menyusui.
  • Penderita sakit jantung, osteoporosis, kelainan pendarahan, hipertensi, penderita gangguan pencernaan.
  • Orang yang memiliki kadar homistein yang tinggi di dalam darah.

2 Comments

  1. wah baru tahu ada green coffee. kalo kopi biasa aman juga enggak ya buat ibu hamil gitu

Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Theme by Anders Norén