Bukalapak menjadi salah satu marketplace terpercaya di Indonesia. Salah satu produk yang ditawarkan oleh pelapak, penjual di Bukalapak, adalah gadget seperti smartphone, misalnya Xiaomi. HP Xiaomi di Bukalapak termasuk menjadi salah satu ponsel yang banyak dicari yang disebabkan karena harganya terjangkau, mudah digunakan serta memiliki spesifikasi yang tidak kalah dengan ponsel pintar lainnya. Anda bisa membeli ponsel Xiaomi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah Anda membeli di Bukalapak, Anda bisa memaksimalkan guna HP tersebut dan jangan lupa untuk merawat ponsel tersebut sehingga smartphone Anda jadi lebih tahan lama. Salah satu komponen yang paling rawan rusak adalah baterai. Ada beberapa tips untuk Anda agar bisa membuat baterai tahan lama dan jika Anda jual kembali, harga jual dari ponsel Xiaomi tersebut bisa lebih tinggi dibandingkan jika ponsel tersebut memiliki baterai yang rusak atau sudah diganti dengan baterai baru.

Tips HP Xiaomi

Pertama adalah dengan menginstal aplikasi yang sekiranya perlu. Dengan cara tersebut tidak hanya bisa membantu menghemat konsumsi daya baterai Xiaomi namun juga menghemat memori. Kedua adalah dengan mengaktifkan mode auto close app. Fitur yang menjadi salah satu keunggulan ROM MIUI dari Xiaomi ini akan membantu untuk membersihkan RAM Ponsel setelah ponsel Anda dalam kondisi sleep. Untuk mengaktifkan aplikasi ini, caranya yaitu:

  • Buka pengaturan.
  • Pilih baterai lalu profil.
  • Tambahkan profil dan pilih ‘bersihkan memori’.
  • Pilih 1 menit untuk waktunya. Lalu pengaturan lainnya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Aktifkan profile tersebut.
  • Pilih aplikasi yang tidak ingin ditutup otomatis dengan menekan tombol recent app. Kemudian swipe ke bawah aplikasi yang diinginkan untuk dikunci hingga muncul icon gembok di pojok kanan.

Kedua adalah membersihkan junk file minimal 1x seminggu. Caranya dengan pilih pengaturan lalu aplikasi keamanan lalu cleaner atau pembersih kemudian pilih tombol scan dan tunggu hingga selesai. Dengan cara tersebut sampah aplikasi dari HP Xiaomi di Bukalapak bisa dibuang dan baterai smartphone tersebut akan lebih awet. Keempat adalah dengan mengatur kecerahan dari ponsel Anda. Semakin cerah ponsel Anda maka konsumsi baterai akan lebih banyak.

Kelima adalah dengan mengubah ke settingan jaringan 2G. Bagi sebagian orang cara ini tidak akan dilakukan karena kebutuhan akan penggunaan jaringan untuk berinternetan diperlukan. Namun jika Anda tidak terlalu ingin berinternetan, Anda bisa mengubah jaringan ke 2G dengan cara masuk ke pengaturan atau setting lalu pilih mobile networks. Kemudian preferred network type dan Anda pilih 2G networks only untuk menghemat baterai.

Tips lainnya untuk hemat baterai HP Xiaomi di Bukalapak yang sudah Anda beli agar tahan lama, caranya yaitu:

  • Mematikan GPS, Bluetooth dan Wi-Fi.
  • Mematikan location service yaitu dengan cara buka Setting lalu pilih location service dan pilih Switch off location service.
  • Mengatur sleep display Xiaomi. Anda sebaiknya mengatur sleep display 15 detik sehingga daya baterai bisa hemat hingga 50%. Caranya adalah dengan memilih setting lalu display lalu sleep dan pilih 15 second.
  • Menonaktifkan screensaver dengan masuk ke setting lalu ke display dan pilih screensaver dan kemudian non aktifkan.
  • Jangan lupa untuk menyalakan mode power saving.
  • Menonaktifkan mode getar dan suara. Untuk menonaktifkan getar, pilih setting lalu sound lalu vibration level dan pilih light.
  • Menyalakan tombol back untuk kill app.