Kemaren salah satu pengunjung blog ini ada yang berkomentar seperti berikut :

Tujuan utama ngeblog seharusnya ada pada aktifitas menulis menyampaikan ide itu sendiri. Bukannya untuk mencari duit. I hate those blogs yang dibuat untuk make a living.

Saya sangat menyadari bahwa seseorang mempunyai pola pikir yang berbeda dengan orang lain, mungkin pola pikir kita kebanyakan sebagai blogger yang matre mempunyai penghasilan dari internet terutama ngeblog adalah hal yang biasa atau malah hal yang luar biasa, maka oleh karena itu banyak bermunculan blog-blog yang orientasi utamanya adalah menghasilkan uang dari internet. Mempunyai earning sendiri tanpa tergantung oleh pekerjaan offline dan caci-makian dari bos (biasanya kalo jadi anak buah/karyawan 50 persen digaji untuk dimarahi) adalah hal yang diidam-idamkan banyak orang. Memang tujuan awal saya adalah bagaimana cara saya agar bisa menghasilkan uang dari ngeblog. Tujuan setiap orang berbeda, sesuai dengan yang telah saya ulas pada artikel “apakah tujuan utama anda ngeblog sudah tercapai?”

Kita mempunyai tujuan yang berbeda dalam ngeblog, ada yang hanya ingin menuangkan ide yang tidak bisa mereka tumpahkan melalui media lain. Ada yang ingin memberikan pelayanan ekstra kepada customernya (melalui media blog mereka bisa berdiskusi dan sharing tentang pelayanan mereka sehingga suatu perusahaan itu bisa meningkatkan layanan mereka). Ada juga yang dengan ngeblog bisa menjual barang-barang mereka. Dilain pihak tujuan seseorang tersebut ngeblog adalah untuk mencari teman sebanyak-banyaknya karena blogging adalah salah satu social media atau social network. Dan yang terakhir seperti yang saya sebutkan diatas yaitu ngeblog for money.

Jadi motivasi setiap orang untuk ngeblog itu berbeda tiap individu. So, bila salah satu pihak yang berada dilain sisi membenci pihak lain. It’s okay. But, kita punya koridor masing-masing yang kita jalankan sebagai blogger. Prinsip dasar ngeblog adalah berbagi informasi dengan yang lain. Dan bila informasi yang kita berikan itu bermanfaat bagi orang lain dan juga memberikan untung bagi kita. So, why not?

Saya cuma berharap, blogger Indonesia bisa bersatu walaupun mempunyai latar belakang yang berbeda. Dan tidak ada yang saling benci satu sama lain, selama tetap dikoridor yang telah ditentukan berdasarkan norma-norma bangsa Indonesia. Bila ada terdapat masalah atau kejanggalan ada baiknya blogger yang lain memberikan teguran dan solusi, bagaimana agar kedepannya lebih baik. Bukan hanya dengan membenci tapi tidak memberikan solusinya. Dan sekarang bila permasalahan tersebut diatas dihadapkan pada teman-teman sekalian, apa pendapat anda?