Meskipun pada dasarnya bayi yang baru lahir memang dianjurkan untuk mengkonsumsi ASI atau air susu ibu yang paling utama, namun tak selamanya mereka akan menggantungkan hidupnya pada ASI tersebut, apalagi jika memiliki ibu seorang wanita karir, biasanya cukup 40 hari selepas masa cuti melahirkan mereka harus kembali bekerja, sehingga tidak bisa menemani si kecil setiap saat. Itulah mengapa banyak diantaranya yang sudah harus mengganti ASI dengan susu formula terbaik bagi buah hati mereka.

Berbicara mengenai produk susu formula ini sendiri tak bisa dipungkiri bahwa seandainya cukup banyak dijual di pasaran dalam berbagai merk dan juga pilihan rasa. Bahkan terkadang bunda yang masih menyusui secara eksklusif sekalipun, tak cukup hanya dengan mengandalkan ASI mereka, melainkan juga menunjangnya dengan susu formula, mengingat sejalan dengan usus si kecil terkadang ASI saja tak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Sehingga banyak yang kemudian memutuskan untuk menambahnya menggunakan produk susu yang banyak dijual di pasaran.

Susu Formula

Memilih susu formula terbaik juga tak boleh asal, mengingat belum tentu si kecil akan cocok ketika menggunakan produk tersebut. Bahkan tak jarang sebagian diantaranya yang memiliki masalah dengan protein sapi atau laktosa. Sehingga menderita gejala alergi susu sapi, untuk itu harus ada pertimbangan khusus sebelum membelinya. Memberikan susu formula terbaik untuk si kecil ini sebenarnya memberikan banyak sekali manfaat, diantaranya adalah:

  1. Untuk merangsang perkembangan otak si kecil, beberapa zat penting seperti Omega 3 memiliki fungsi untuk merangsang pertumbuhan syaraf otak bagi si kecil, sehingga snagat bagus untuk meningkatkan kecerdasan mereka. Tak kalah jika dibandingkan dengan ASI.
  2. Membantu membuat tidur anak menjadi lebih nyenyak, ada kalanya setelah sekian lama menyusui eksklusif di lama hari namun si kecil juga tak kunjung terlelap. Hal ini dikarenakan untuk menyerap ASI dalam tubuh sangat mudah, sehingga tidak menguras energi mereka coba ganti menggunakan susu formula, maka sebentar saja diminum akan langsung membuat si kecil tidur nyenyak. Mengingat produknya membutuhkan energi lebih untuk diserap tubuh.
  3. Membantu para bunda bekerja dengan tenang, setelah masa cuti berakhir dan harus memulai aktivitas baru di dunia kerja, terkadang para bunda menjadi tak tenang atau resah apakah si kecil sudah makan atau belum. Apalagi jika lupa dalam menyiapkan ASI perah, untuk itulah lebih aman jika memiliki produk susu formula di rumah.
  4. Melatih si kecil untuk mengenal anggota keluarga yang lainnya, ketika mereka hanya menyusu dari bundanya saja atau konsumsi ASI eksklusif tentunya akan lebih dekat dengan ibu, berbeda ketika menggunakan produk susu formula, siapa saja yang memberikan pastinya akan diterima, termasuk saudara jauh. Ini juga menjadi bagian penting bagi mereka agar mudah dalam bersosialisasi.
  5. Melengkapi kebutuhan vitamin dan juga kalsium mereka, tak kalah dengan ASI sebenarnya ada beberapa jenis senyawa yang justru lebih lengkap ada dalam produk susu formula, sehingga bisa menyempurnakan kebutuhan si kecil akan hal tersebut.
  6. Membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh mereka, dengan adanya senyawa FOS dan GOS tambahan sangat bagus untuk membangun sistem imun si kecil sehingga tak mudah sakit.

Banyak sekali manfaat dukungan yang bisa didapatkan dengan memberikan susu formula terbaik bagi buah hati, untuk itu jangan asal dalam memilihnya. Berikan yang terbaik guna mendukung tumbuh kembangnya.